Search here and hit enter....

38 Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat & Alami

Mata merupakan jendela diri di mana kita bisa memahami seseorang melalui matanya. Jika kita memiliki kantung mata alias mata panda maka akan mengganggu pemandangan pada wajah sehingga harus segera di atas melalui berbagai cara. Berikut adalah berbagai penjelasan mengenai kantung mata agar kita bisa mengerti apa yang harus dilakukan untuk cara menghilangkan kantung mata dengan mudah.

Apa Itu Kantung Mata?

Menurut studi yang dilakukan oleh sebuah Departemen Dermatology dari Universitas ternama yang ada di Brasil, rupanya ada beragam penyebab mengapa kantung mata atau mata panda ini bisa muncul mulai dari proses alami seperti penuaan atau faktor genetik yang jelas tidak dapat dicegah sampai kebiasaan-kebiasaan buruk seperti gaya hidup negatif. Sebelum itu, apa sebenarnya kantung mata itu?

Kantung mata juga sering disebut sebagai mata berkantung, dalam bahasa Inggrisnya Puffy Eyes. Kantung mata berupa lingkaran berwarna hitam yang ada di bawah mata. Munculnya lingkaran hitam ini dikarenakan terjadinya bengkak pada mata akibat beberapa faktor penyebab. Salah satunya karena lapisan di area mata yang begitu tipis, berbeda dengan struktur dan lapisan area lain pada kulit wajah yang lebih kompleks. Inilah yang membuat area mata menjadi lebih mudah membengkak.

17 Macam Penyebab Timbulnya Kantung Mata

Sumber: integrativemedicineny.com

Salah satu penyebab kantung mata paling umum sehingga bisa muncul di area sekitar mata kamu adalah kurang tidur. Memang kebanyakan orang yang suka begadang pasti tiba-tiba akan memiliki kantung mata

. Meski begitu rupanya tidak hanya kurang tidur menjadi penyebabnya, masih ada banyak sekali penyebab-penyebab lainnya. Dengan mengetahui penyebab tersebut pastinya maka kita bisa memilih cara mengatasi yang tepat sehingga kantung mata dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Berikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya mata panda:

1. Gaya hidup

Gaya hidup menjadi faktor penting bagi kita untuk memiliki tubuh yang sehat dengan tampilan yang menarik. Oleh karena itu, gaya hidup yang buruk juga turut menjadi penyebab timbulnya kantung mata. Kebiasaan minum alkohol dan merokok dapat membuat pembuluh darah di bawah mata menjadi terlihat lebih jelas. Terlebih jika tidak diimbangi dengan mengonsumsi banyak air putih, sayuran dan buah-buahan.

2. Menghapus make up terlalu keras

Menggunakan make up di mata mungkin akan membantu kita untuk mendapatkan mata yang menarik. Tapi, penggunaan eyeliner dan mascara yang waterproof terkadang membuat kita merasa kesulitan untuk menghilangkannya. Bahkan banyak remover yang tidak dapat menghilangkan sisa kosmetik itu dengan baik sehingga harus diganti dengan cleansing oil.

Cleansing oil lebih memudahkan kita untuk menghilangkan riasan di mata yang waterproof sehingga kita tidak perlu menekan bagian mata dengan keras. Gunakan cleansing oil ini sambil memberikan pijatan yang lembut pada area mata dan hindari penekanan yang berlebih agar tidak timbul lingkaran hitam. Banyak jenis cleansing oil yang bisa dipilih tapi akan lebih baik jika kamu memilih cleansing oil jenis gentle agar tidak perih di mata dan untuk menghindari terjadinya iritasi.

3. Posisi kepala yang datar dengan tubuh ketika tidur

Posisi tidur yang salah ternyata dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam pada area mata. Tidak perlu begadang untuk membuat lingkaran tersebut. Tidur yang cukup pun juga bisa menyebabkan kantung mata jika posisi kepalanya datar dengan tubuh. Oleh karena itu, posisikan kepala lebih tinggi dibandingkan kaki agar cairan tubuh menjadi lancar sehingga tidak menumpuk menjadi kantung mata. Jangan ditambah dengan begadang karena lingkaran kantung mata kamu bisa menjadi lebih tebal dan terlihat lelah.

4. Mengucek mata

Kebiasaan ini mungkin sering terjadi pada wanita maupun laki-laki. Tapi siapa sangka jika mengucek mata ternyata bisa menyebabkan timbulnya kantung mata. Sebagian besar orang mengucek mata karena mereka merasa bahwa setelah dikucek, mata menjadi lebih rileks sehingga lelah dan kantuk pun seolah menghilang sebentar. Tapi jika mengucek mata dilakukan dengan begitu sering maka dapat merusak pembuluh kapiler kecil di daerah mata dan timbullah lingkaran hitam. Hal ini terjadi karena adanya tekanan dari jari sehingga akan merangsang produksi melanin yang dapat mengubah warna pigmen kulit menjadi gelap.

5. Malas menggunakan sunscreen dan tidak melindungi area bawah mata

Banyak orang yang tidak menghiraukan kesehatan di sekitar mata. Padahal penggunaan sunscreen sangat penting untuk kesehatan kulit. Apabila kulit terlindungi dari sinar UV maka dapat mengurangi efek negatif yang dapat menyebabkan area di bawah mata menjadi lebih gelap. Untuk itu, pilihlah sunscreen yang bisa digunakan pada area bawah mata. Tapi berhati-hatilah ketika ingin menggunakannya, jangan terlalu dekat dengan mata dalam karena dapat menyebablkan iritasi.

6. Anemia dan stres

Kurang darah atau anemia menjadi salah satu penyebab adanya lingkaran gelap di bawah mata. Terlebih jika kamu sering merasa stres maka lingkaran gelap itu akan semakin hitam tidak sehat.

7. Alergi

Alergi-alergi tertentu dapat membuat aliran darah sekitar sinus menjadi meningkat. Pada umumnya, alergi kulit seperti ini akan disertai dengan gejala gatal di daerah mata maka mereka akan mengucek atau menggaruk bagian mata. Padahal cara ini akan menyebabkan bagian mata menjadi menghitam, meskipun hitam pada mata ini sebagai bentuk mekanisme pertahanan diri akibat iritasi dikucek dan digaruk. Oleh karena itu, hindari menggaruk dan mengucek di daerah mata jika terjadi gatal, cukup sentuh dengan pelan-pelan.

8. Faktor usia

Penuaan pasti akan terjadi pada setiap orang. Perubahan fisik akan mengiringi bertambahnya usia dan salah satu perubahan fisiknya adalah timbul kantung mata yang menghitam. Seiring dengan bertambahnya usia membuat kandungan kolagen dalam tubuh juga ikut berkurang kemudian kulit di bawah mata akan mulai mengendor, mengerut dan menipis. Untu itu, pembuluh darah berwarna merah kehitaman akan mudah terlihat. Tapi kamu bisa menunda hal ini terjadi dengan berbagai cara untuk tampil awet muda.

9. Asupan nutrisi

Tubuh membutuhkan mineral dan berbagai zat untuk menunjang kesehatan dan tampilan. Kekurangan zat besi dan mineral dapat mengurangi pasokan oksigen dan menyebabkan timbulnya kantung mata. Bahkan, keseimbangan nutrisi juga akan terganggu jika kamu sering mengonsumsi makanan cepat saji. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran segar sebagai cara menghilangkan kantung mata dengan alami.

10. Dehidrasi

Kebutuhan cairan dalam tubuh yang tidak terpenuhi mampu membuat sirkulasi darah yang tidak lancar. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap pembuluh darah yang ada di bawah area mata. Untuk itu, minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan dan jangan sampai mengalami kekurangan atau dehidrasi karena terpenuhinya cairan ini juga mampu menghilangkan jerawat bersama bekasnya dengan cepat.

11. Masalah ginjal

Mata hitam ternyata bisa dijadikan sebagai indikasi jika kesehatan kamu sedang bermasalah, seperti masalah pada bagian ginjal. Untuk itu, jika timbulnya kantung hitam yang disertai dengan gangguan kesehatan maka segera periksakan pada dokter.

12. Keturunan

Faktor keturunan ternyata juga bisa menjadi penyebab timbulnya kantung mata. Meskipun lingkaran hitam ini disebabkan oleh keturunan bukan berarti tidak bisa hilang. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan lingkaran tersebut, hanya saja kamu harus siap juga jika cara tersebut tidak berhasil karena biasanya kantung mata karena faktor keturunan ini lebih susah untuk dihilangkan.

13. Menstruasi dan hamil

Biasanya perempuan akan membutuhkan asupan zat besi yang lebih banyak ketika mengalami menstruasi atau hamil. Ketika asupan nutrisi ini tidak dipenuhi maka dapat menyebabkan lingkaran menghitam pada area bawah mata. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi ketika menstruasi atau hamil antara lain sayuran hijau, unggas, gandum, daging, kacang-kacangan, dan ikan.

14. Pengaruh obat

Beberapa obat dapat menyebabkan pembuluh darah semakin besar, begitu juga dengan obat tidur. Pada dasarnya, lapisan kulit di area bawah mata lebih tipis dibanding kulit yang lain sehingga aliran darah menjadi lebih terlihat jadi kantung mata akan terlihat seakan-akan berwarna hitam. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka pilihlah obat dengan selektif dan jangan terlalu tergantung dengan obat, terlebih kimia karena dapat mengganggu kesehatan ginjal.

15. Menangis

Pastinya kamu sering menjumpai orang-orang dengan mata sembab, bengkak dan menghitam karena menangis dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan menangis yang terlalu banyak menyebabkan area bawah mata menghitam dan membengkak akibat terperangkapnya cairan. Jadi, ketika kamu merasakan sedih, janganlah menyiksa diri sendiri karena penyesalan akan timbul, terlebih jika kantung mata menjadi terlihat lebih jelas.

16. Hiperpigmentasi

Pigmentasi yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya kantung mata yang hitam. Menekan permukaan kulit dapat memudahkan kita untuk mengetahui apakah ada gejala hiperpigmentasi. Apabila saat kamu menekan warna hitamnya tidak menghilang maka dipastikan jika ada yang salah dengan keadaan pigmen pada area mata. Tapi, tidak perlu khawatir karena terdapat masker kunyit yang mampu mengurangi pigmentasi dan meratakan warna kulit sehingga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata dengan cepat dan mudah.

17. Make up berlebih

Wajar saja jika wanita menggunakan make up karena mereka ingin selalu tampil cantik dihadapan orang lain. Namun, jika make up tidak segera dihapus dapat menyebabkan iritasi pada kulit sehingga akan timbul area menghitam di bawah mata dan bahkan menjadi bengkak. Tentu saja kamu tidak ingin penampilanmu rusak hanya dengan kantung mata yang menghitam.

Well, itu dia penyebab timbulnya kantung mata yang mungkin saja belum kamu ketahui  akan kamu alami semua. Penyebab-penyebab di atas mungkin tidak akan kamu alami semua, tapi hanya beberapa. Setelah mengetahui penyebab pastinya kamu dapat menghindari perilaku atau kebiasaan tersebut agar mata panda tidak semakin parah. Dengan satu penyebab saja kita bisa memiliki kantung mata yang cukup menggangggu, terlebih dengan kombinasi penyebab, maka mata panda akan semakin parah dan lingkaran hitam akan semakin terlihat.

Oleh karena itu, segera lakukan pengobatan yang benar, tidak perlu menggunakan obat kimia karena terdapat bahan alami yang bisa membantu kita dalam cara menghilangkan kantung mata dengan cepat.

23 cara mengatasi kantung mata paling efektif

Sumber: homeremedyshop.com

Siapa sangka jika ternyata cara untuk mengatasi kantung mata tidak sesulit yang kita pikir karena bahan yang digunakan pun juga mudah untuk dijumpai, seperti bahan-bahan alami. Selain mudah didapatkan, bahan-bahan ini juga memiliki kandungan yang mampu digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata dengan waktu yang cepat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantung mata:

1. Istirahat cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan dan tampilan kita agar selalu terlihat segar. Pada umumnya, setiap orang membutuhkan waktu 8 jam per malam untuk beristirahat dengan maksimal. Hanya saja beberapa orang mengabaikan kebutuhan untuk beristirahat ini sehingga timbul kantung mata. Jika kamu ingin melakukan cara menghilangkan kantung mata ini maka biasakan untuk tidur tepat waktu agar istirahatnya cukup.

Tapi bagaimana buat orang-orang yang memiliki banyak tugas seperti tugas kantor atau sekolah? Ketika pekerjaan kantor atau sekolah banyak maka segera selesaikan agar bisa tidur lebih awal atau segera tidur agar keesokan harinya bisa bangun pagi dan melanjutkan pekerjaan tersebut. Waktu yang tepat untuk menyiapkan diri tidur adalah pukul 9 hingga 10 malam. Ketika kamu tidur lebih dari pukul 10 malam maka kantung mata akan muncul dengan pasti karena waktu istirahatmu berkurang. Tidak hanya untuk tampilan, istirahat yang cukup dapat membantu kita menjaga kesehatan tubuh juga. Kebiasaan tidur larut ternyata dapat menyebabkan beberapa penyakit yang tidak ringan yakni penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan penyakit kronis lainnya.

2. Kantung teh hijau

Tidak hanya teh celup biasa yang bisa membantu kita dalam menghilangkan kantung mata, melainkan juga kantung teh hijau. Caranya pun juga mudah seperti teh celup biasa, yakni dengan:

  • Siapkan sisa kantung teh hijau yang telah digunakan
  • Kompreskan kantung teh hijau tersbut pada kantung mata
  • Diamkan selama 10 sampai 15 menit
  • Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih

3. Es batu

Es batu sering digunakan untuk menambah kesegaran dalam minuman. Tapi siapa sangka jika bahan yang sering dijumpai ini mampu membantu kita dalam mengatasi mata panda. Sebenarnya, es batu sudah dikenal sejak dulu untuk mengatasi berbagai permasalahan kecantikan, seperti menghilangkan komedo, begitu juga untuk cara menghilangkan kantung mata. Cara yang paling mudah dan ampuh adalah dengan mengompres bagian bawah mata dengan es batu. Berikut adalah caranya:

  • Pecahkan es batu menjadi kecil-kecil lalu gunakan handuk atau kain bersih untuk membungkus es batu. Usahakan jika kain yang digunakan memiliki tekstur halus.
  • Ikat bagian ujung dan tempelkan pada kedua mata sekitar 10 menit. Tapi waktu 10 menit ini tidak diberikan secara langsung, melainkan ada jeda beberapa kali.

Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan memasukkan es batu dalam suatu wadah kemudian masukkan handuk atau kain bersih ke dalam wadah es batu tersebut. Kemudian peras lalu kompreskan ke bagian bawah mata sekitar 10 menit juga. Cara ini juga harus dilakukan dengan jeda.

4. Tidur berkualitas

Tidur yang bermanfaat adalah tidur yang berkualitas. Banyak orang yang merasa jika mereka sudah memenuhi waktu tidur tapi kantung mata masih juga muncul. Tidur tidak hanya sekedar tidur tapi kita harus memastikan bahwa tidur tersebut sudah berkualitas, bahkan dengan waktu sebentar pun kita bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Untuk mengetahui apakah tidur kamu berkualitas atau tidak maka rasakan ketika kamu terbangun dari tidur, jika kamu sudah merasa segar bisa dipastikan jika tidurmu sudah berkualitas, namun jika belum maka cari tahu kenapa tidurmu tidak berkualitas, kemungkinan karena ada yang kamu pikirkan dan cukup mengganggu

5. Teh celup bekas

Bahan yang sudah tidak digunakan pun bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda, yaitu tes celup bekas. Beberapa di antara kalian mungkin suka untuk mengonsumsi tes celup dan membuang tesnya jika sudah tidak sekarang. Tapi, sekarang jangan membuangnya karena ternyata dapat bermanfaat untuk kecantikan. Meskipun cara ini sudah dilakukan sejak lama tapi masih banyak orang yang menggunakan teh celup ini hingga sekarang.

Bahkan, tidak hanya sebagai cara menghilangkan kantung mata saja tapi juga dapat mengatasi komedo dan jerawat. Kandungan zat tannin di dalamnya mampu menjaga kelenturan kulit, melindungi kulit dari berbagai bakteri perusak kulit dan juga menjaga leastisitas kulit. Tannin adalah senyawa polifenol yang membuat tes terasa sedikit pahit. Berikut adalah cara penggunaan teh celup:

  • Sediakan teh celup dua buah. Sebelum menggunakannya, rendam terlebih dulu teh celup ke dalam air dingin.
  • Letakkan teh celup itu di area mata dan biarkan selama 10 menit atau 15 menit.
  • Lakukan cara ini setiap hari sebelum tidur hingga mata panda mulai memudar.

6. Mentimun

Sudah bukan rahasia lagi jika mentimun bermanfaat untuk kecantikan. Beberapa manfaat dari mentimun antara lain mencerahkan wajah, mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, dan juga menghilangkan kantung mata. Hal ini dikarenakan timun mengandung beberapa zat seperti vitamin C, asam askorbat, caffeic acids dan juga kandungan air yang cukup tinggi sehingga mampu mengatasi berbagai masalah kulit, iritasi, maupun kantung mata. Berikut adalah cara penggunaannya:

  • Cuci bersih satu buah mentimun yang masih segar
  • Potong secara melingkar timun dan buat menjadi lebih kecil pada bagiannya
  • Letakkan potongan mentimun itu pada kedua mata
  • Biarkan selama 20 menit

Cara lainnya juga bisa kamu lakukan yakni dengan menghaluskan mentimun dengan blender setelah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian masukkan mentimun yang sudah halus ke dalam kain bersih dan tipis. Kompreskan pada kantung mata sekitar 15 menit kemudian bersihkan wajah dengan air.

7. Kentang

Selain digunakan sebagai bahan makanan, kentang juga bisa digunakan untuk menjaga kecantikan. Kentang mempunyai kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mengurangi radang dan menjaga kelenturan kulit. Berikut cara penggunaannya:

  • Kupas dan cuci bersih kentang hingga tidak ada getah kentang
  • Blender kentang sampai halus
  • Masukkan kentang yang sudah halus ke dalam kantung yang bersih dan lembut
  • Kompreskan kain tersebut pada kedua mata selama 15 menit
  • Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih

8. Sendok

Mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana bisa sendok menghilangkan kantung ata. Ternyata, cara ini sudah digunakan sejak dulu dan terbukti ampuh sehingga tidak perlu diragukan lagi untuk manfaatnya. Cara menghilangkan kantung mata dengan sendok adalah:

  • Masukkan 5 sampai 10 sendok ke dalam lemari es
  • Tunggu hingga sendok tersebut sudah benar-benar dingin
  • Jika sudah terasa dingin kemudian tempelkan sendok tersebut ke kedua mata. Gunakan bagian sendok yang melengkung dan diamkan selama 15 menit.

9. Air dan garam

Bahan lain yang juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata adalah campuran air dan garam. Caranya sangat mudah sehingga kamu bisa melakukan sendiri di rumah, sebagai berikut:

  • Campurkan 1 liter air hangat dengan garam sebanyak ½ sdt.
  • Aduk campuran tersebut sampai garam benar-benar larut ke dalam air hangat.
  • Setelah itu, celupkan bola kapas ke dalam campuran air hangat dengan garam tersebut
  • Kompreskan bola kapas tersebut pada area bawah mata
  • Diamkan selama 10 sampai 15 menit dan lakukan cara ini secara rutin setiap hari agar mata panda bisa hilang dengan cepat.

10. Minyak zaitun

Siapa yang tidak kenal dengan minyak sejuta manfaat ini. Tidak hanya untuk kesehatan, minyak ini juga sudah terkenal dalam dunia kecantikan, termasuk dalam menghilangkan kantung mata dengan ampuh dan cepat. Kandungan dalam minyak ini mampu menjaga kelembaban kulit, menjaga kesehatan kulit dan manfaat lainnya untuk kulit. Cara menghilangkan kantung mata dengan minyak zaitun pun sangat mudah yakni dengan mengoleskan minyak tersebut pada area bawah mata sebelum tidur. Jika sudah bangun kemudian cucuilah muka dengan air biasa. Lakukan cara ini secara rutin hingga mata panda mulai memudar dan akhirnya menghilangkan.

11. Bengkoang

Bengkoang sudah digunakan sejak lama sebagai salah satu bahan dalam berbagai kosmetik atau produk perawatan wajah dan kulit. Beberapa manfaat bengkoang dalam dunia kecantikan antara lain mencerahkan wajah. Hal ini dikarenakan berbagai vitamin dan kandungan lainnya yang terdapat dalam bengkoang sehingga dapat menjaga kesehatan kulit. Adanya vitamin B1 dan vitamin C membuat bengkoang juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Berikut cara menghilangkan kantung mata dengan bengkoang:

  • Kupas bengkoang dan cuci hingga bersih
  • Blender bengkoang dengan parut atau agar lebih mudah dengan blender
  • Masukkan bengkoang yang sudah halus ke dalam kain kemudian kompreskan kain tersebut pada kedua mata sekitar 10 sampai 15 menit. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih.

12. Jeruk nipis dan lemon

Jeruk nipis dan lemon sudah begitu populer di dunia kecantikan karena dapat mengatasi berbagai masalah kulit, begitu juga dengan masalah mata panda. Hal ini dikarenakan adanya vitamin C yang cukup tinggi dalam lemon dan jeruk nipis membuatnya dapat menghilangkan lingkaran menghitam di area bawah mata. Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan memotong lemon atau jeruk nipis secara melingkar kemudian menempelkannya pada bagian kedua mata sekitar 10 sampai 15 menit.

13. Susu

Susu lebih sering digunakan untuk memutihkan kulit, menghaluskan kulit dan untuk menghilangan kantung mata. Caranya sangatlah mudah yakni dengan mencelupkan kapas dalam susu lalu oleskan kapas tersebut pada bawah mata yang menghitam. Biarkan sampai kering kemudian bilas dengan air bersih dan mengalir.

14. Lidah buaya

Sekarang ini, lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang mampu digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti menjaga kesehatan, kecantikan dan bahkan dapat diolah menjadi suatu makanan juga. Dalam dunia kecantikan, lidah buaya juga sering digunakan sebagai bahan dasarnya karena manfaat yang akan diberikan, seperti cara menghilangkan mata panda. Cara penggunaannya adalah:

  • Cuci lidah buaya dengan ukuran sedang
  • Belah bidah buaya menjadi dua bagian
  • Usapkan bagian gel pada bagian bawah mata yang menghitam
  • Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dan bersihkan dengan handuk lembut.

15. Putih telur

Selain enak untuk dimakan, putih telur juga memiliki berbagai khasiat dalam kecantikan, seperti menghilangkan komedo dan mengencangkan wajah. Sedangkan khasiatnya untuk menghilangkan kantung mata belum diketahui oleh banyak orang tapi tdiak diperlu diragukan lagi untuk keampuhannya. Berikut adalah cara penggunaan putih telur untuk menghilangkan kantung mata:

  • Pisahkan putih telur dari kuning telur
  • Oleskan putih telur pada bagian mata yang mengitam dengan kuas
  • Biarkan selama 20 menit atau hingga kering kemudian bilas dengan air bersih dan mengalir.

16. Madu

Siapa yang tidak kenal dengan bahan berkhasiat ini? Khasiatnya tidak hanya terkenal untuk kesehatan saja, melainkan juga untuk kecantikan. Madu memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit sehingga ketika dioleskan pada kantung mata, kulit di area tersebut akan diregenerasi sehingga bisa menjadi cerah lagi. Cara menghilangkan kantung mata dengan madu sangat mudah yakni dengan mengoleskan madu pada kantung mata dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Hasil yang maksimal akan kamu dapatkan jika melakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur.

17. Minyak almond

Bahan lain yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda adalah minyak almond. Khasiatnya ini dikarenakan adanya kandungan vitamin K, vitamin E dan zat lainnya yang bermanfaat untuk kecantikan. Berikut adalah cara penggunaannya:

  • Oleskan minyak almond pada bagian bawah mata yang menghitam menggunakan kapas
  • Lakukan cara ini sebelum tidur di malam hari
  • Ketika sudah bangun di esok hari maka cucilah muka kamu dengan air bersih.

18. Minyak witch hazel

Bagi beberapa orang mungkin akan terdengar asing dengan istilah bahan yang satu ini. Tapi bahan ini mampu menghilangkan kantung mata dan kamu dapat menemukannya di berbagai toko kecantikan. Cara penggunaanya sebagai berikut:

  • Masukkan bola kapas pada suatu wadah yang sudah berisi minyak ini
  • Oleskan bola kapas pada kantung mata yang menghitam
  • Tunggu selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

19. Air putih

Setiap orang memiliki kebutuhan air putih yang berbeda-beda, tergantung dengan aktivitas yang dilakukannya. Namun, manfaat akan air putih ini tidak perlu diragukan lagi. Dipercaya jika air putih dapat membantu kita untuk menghilangkan kantung mata. Caranya sangatlah mudah yakni dengan mengonsumsi air putih yang cukup untuk menenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Pada umumnya, kita diharuskan untuk meminum minimal 8 gelas per hari untuk menjaga mencerahkan kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk mata panda.

20. Licorice

Masih belum banyak yang tahu jika kita bisa menghilangkan mata panda dengan licorice. Tata rias profesional mengungkapkan jika ekstrak licorice dalam beras mampu mengatasi kantung mata yang menghitam. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan bekas air cucian beras untuk mengompreskannya pada kantung mata selama 10 menit. Setelah itu, besihkan wajah dengan air bersih. Selain sebagai cara menghilangkan mata panda, bahan ini juga bisa mencerahkan dan memutihkan kulit wajah.

21. Yoghurt

Selain memiliki rasa yang nikmat, yoghurt juga bermanfaat dalam dunia kecantikan, seperti menghilangkan mata panda yang sudah menghitam. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu:

  • Siapkan yoghurt secukupnya.
  • Oleskan pada kantung mata dengan kuas.
  • Biarkan selama 15 menit dan lakukan sebelum tidur malam.
  • Tidak perlu membilasnya dengan air tapi cukup menyekanya dengan kain bersih agar sari pada yoghurt masih bisa meresap dalam kantung mata.
  • Setelah pagi hari baru kamu bisa mencuci wajah dengan air biasa.

22. Hindari banyak garam

Pada cara menghilangkan mata panda yang lain, disarankan untuk menggunakan garam dengan air hangat lantas kenapa sekarang kita diminta untuk menghindari banyak garam? Maksud dari garam disini adalah garam yang kita konsumsi. Mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang berlebih membuat kita semakin mudah mengalami dehidrasi dan akhirnya muncullah area menghitam pada bagian bawah mata.

23. Ampas kopi

Bagi kamu yang hobi mengonsumsi kopi, untuk sekarang jangan membuang ampasnya karena ternyata ampas kopi memiliki manfaat untuk menghilangkan mata panda dan mata sembab. Bahan ini sudah digunakan sejak dulu dalam dunia kecantikan. Cara penggunaannya yaitu:

  • Siapkan ampas kopi di mana airnya sudah diminum
  • Tunggu ampas kopi semalaman, kemudian masukkan ampas kopi dalam kain yang bersih dan tipis
  • Kompreskan kain tersebut pada kantung mata selama 20 menit
  • Bilas dengan air bersih dan lakukan cara ini tiga kali dalam satu minggu.

7 Cara menghilangkan Kantung mata dengan produk kecantikan

Sumber: beautyhealthtips.in

Selain menggunakan bahan alami, sebetulnya memakai produk pabrikan juga bisa dilakukan, meski cara ini menjadi solusi kedua. Berikut tipsnya:

1. Sabun wajah

Sekarang ini banyak bermunculan produk sabun khusus untuk wajah yang dapat menghilangkan kantung mata. Namun, kamu harus memastikan bahwa sabun tersebut sesuai dengan kondisi atau jenis kulit wajahmu. Pilih sabun yang juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit sehingga warna menghitam pada kantung mata bisa memudar sedikit-demi sedikit.

2. Krim retinol

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pertambahan umur menjadi salah satu penyebab munculnya kantung mata sehingga kamu harus mencari solusinya yang sesuai. Krim retinol mampu mengatasi kantung mata akibat usia yang semakin tua dan menghilangkan gejala penuaan pada mata ini. Kamu bisa menemukan krim semacam ini di berbagai toko kecantikan terpercaya.

3. Pelembab

Produk kecantikan yang satu ini bermanfaat untuk membersihkan wajah dan mencerahkan wajah, tidak ketinggalan untuk menghilangkan bagian menghitam pada bawah mata. Namun, kamu harus mengiringi cara ini dengan istirahat yang cukup karena salah satu penyebab timbulnya mata panda adalah kurangnya waktu istirahat. Lakukan cara ini hingga warna menghitam di kantung mata semakin memudar.

4. Concealer

Jenis alat make up ini sering digunakan bagi perempuan yang memiliki mata panda terlihat. Concealer dapat menjadi salah satu cara untuk menutupi mata panda dengan cepat. Cara penggunaanya yaitu pada area sudut mata, dekat hidung, luar garis mata dan tepi hidung. Alat make up ini mampu menyamarkan mata panda namun jangan terlalu mengandalkan make up karena sesungguhnya kita hanya menutupi, bukan menghilangkan. Inilah cara menyamarkan kantung mata dalam sehari dengan efektif.

5. Krim mata

Jika kita tidak mau disibukkan dengan membuat berbagai bahan atau ramuan untuk menghilangkan mata panda, maka krim mata ini bisa dijadikan salah satu solusinya. Hanya saja, kamu harus berhati-hati dalam memilih krim mata dan pastikan jika krim tersebut mengandung kolagen yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan kolagen saja mungkin tidak akan cukup jadi pilih juga krim yang mengandung vitamin C. Krim ini biasanya digunakan sebelum tidur dengan mengoleskannya pada bawah mata. Pada keesokan harinya, segera bilas wajah dengan air biasa lalu keringkan dengan kain yang bersih. Menemukan krim mata dengan kolagen tidaklah mudah jadi ketika kamu tidak menemukannya maka gunakan buah-buahan yang mengandung kolagen, seperti tomat, blueberry atau strawberry.

6. Tabir surya

Sebagian besar orang hanya mengenal tabir surya sebagai pelindung kulit dari sinar matahari, tapi ternyata krim ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda akibat radiasi sinar matahari. Oleskan krimnya pada bagian mata yang menghitam ketika pagi atau siang hari.

7. Obat-obatan

Tekanan darah dapat menyebabkan mata panda, jadi ketika kamu ingin menghilangkan mata panda maka harus menyembuhkan atau mengurangi tekanan darah dengan obat-obatan. Selain obat, konsumilah buah-buahan dan sayuran segar yang mampu menurunkan tekanan darah, meminimalisasi stres dan juga menjaga kesehatan tubuh. Tapi sebisa mungkin jika tidak mengonsumsi obat kimia dengan terlalu sering karena dapat berakibat juga pada kesehatan ginjal.

8 Cara menghindari munculnya kantung mata

Sumber: rbk.h-cdn.co

Berikut ini tips praktis untuk menghindari lingkaran hitam di bawah mata jika kamu tidak ingin kantung mata muncul lagi:

  1. Hapuslah make up dengan lembut dan perlahan. Terkadang, banyak wanita yang merasa agar sulit ketika ingin menghapus make up sehingga mereka menghapusnya dengan kasar agar make up segera hilang. Tapi cara ini justru akan menyebabkan pembengkakan di sekitar mata.
  2. Hindari menggosok mata karena bagian bawah mata memiliki kulit yang lebih tipis dengan pengucekan dapat semakin menipiskan lapisan kulit, elastisitas kulit yang terganggu dan berkurangnya kolagen.
  3. Pastikan posisi tidurmu dalam kondisi yang benar. Usahakan tidur dalam posisi terlentang dan jangan dibiasakan menumpuk bantal.
  4. Gunakan sunglasses ketika beraktivitas di luar ruangan agar mata terlindungi dari sinar matahari. Namun, pastikan jika sunglasses yang dipilih dengan kode UV400 atau mempunyai daya serap sinar UV sekitar 99-100%.
  5. Hindari minum minuman beralkohol karena minuman ini dapat membuat kulit kita menjadi lebih kering sehingga rentan terhadap kerusakan ketika tidak sengaja menggosoknya. Jika kamu terlanjur minum minuman beralkohol maka segera minum air putih sebanyak 1 liter untuk mencegah dehidrasi kulit.
  6. Tinggalkan kebiasaan merokok karena merokok dapat menghilangkan kolagen dari kulit sehingga kantung mata akan semakin parah.
  7. Kendalikan alergimu karena biasanya jika alergi terjadi maka bagian mata akan gatal dan berair sehingga memperbesar kemungkinan kamu untuk menggosoknya.
  8. Gunakan produk perawatan di sekitar mata agar lebih segar. Sesuaikan bahan produk tersebut dengan jenis kulit kamu agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantung mata agar tampilan bisa menjadi lebih menarik lagi. Tidak harus semua cara ini dilakukan, terlebih di waktu yang bersamaan. Pilihlah satu atau beberapa cara yang sekiranya sesuai dengan penyebab munculnya kantung mata. Selain itu, ketahui terlebih dulu apa jenis kulit yang kamu miliki agar bahan yang dipilih tidak menimbulkan alergi atau ketidakcocokan dengan jenis kulit.

Baru setelah itu lakukan cara tersebut secara rutin hingga warna menghitam pada area mata semakin memudar. Hasil yang maksimal bisa kamu dapatkan dengan melakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur. Jangan hanya melakukan pengobatannya tapi juga lakukan pencegahan dengan menjauhi kebiasaan buruk seperti sering begadang, merokok, minum yang tidak cukup dan lain sebagainya. Imbangi dengan gaya hidup yang sehat maka mata bersinar indah akan kamu dapatkan.

The post 38 Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat & Alami appeared first on Harian Gadis.



from Harian Gadis http://ift.tt/2s03aYh
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()