Search here and hit enter....

Cara Menghilangkan Kerak Gigi Yang Membandel

Cara Menghilangkan Kerak Gigi Yang Membandel – Kerak gigi dapat terbentuk saat bakteri di dalam mulut tercampur dengan protein serta sisa-sisa makanan. Bila kerak ini dibiarkan begitu saja, kesehatan gigi pasti akan terganggu. Kerak gigi adalah plak yang mengeras serta tumbuh sedikit demi sedikit. Bila kerak gigi dibiarkan begitu saja, nantinya akan terjadi peradangan dan iritasi di dalam mulut yang menimpa seseorang. Cara menghilangkan kerak gigi yang membandel ini terkadang menjadi masalah yang sulit diatasi.

Efek Kerak Gigi – Adanya kerak gigi akan membuat proses flossing dan menyikat gigi menjadi kurang efektif lagi. Gangguan gigi ini juga bisa memudahkan enamel gigi menjadi pecah. Pecahnya enamel disebabkan oleh asam yang dikeluarkan bakteri mulut. Inilah yang menjadi dalang dari masalah gigi berlubang dan segudang kerusakan gigi yang biasa kita alami.

Tanpa Anda sadari, sebenarnya kerak gigi mempunyai efek yang serius untuk kesehatan mulut. Bahkan kesehatan tubuh juga bisa terganggu, terutama jika kerak gigi tumbuh di garis gusi. Salah satu efek ringan dari kerak gigi ialah radang gusi. Setelah terjadi radang gusi, dan karang gigi tetap bersarang, Anda tinggal menunggu waktu terkena penyakit seperti periodontitis. Penyakit ini seperti kantong nanah yang timbul di antara gigi dan gusi.

Efek berbahaya lain ialah risiko penyakit stroke dan jantung. Mungkin Anda tidak menyadari jika efek dari kerak gigi akan separah itu. Diduga, bakteri yang berada di dalam plak gigi dapat masuk ke jaringan darah. Kondisi yang menyeramkan ini bisa menyebabkan arteri tersumbat, bila aliran tersumbat, risiko terjadinya penyakit stroke dan jantung akan lebih tinggi.

Cara Menghilangkan Kerak Gigi Yang Membandel

Saat sistem pertahanan tubuh melakukan reaksi perlawanan pada bakteri di kantong nanah, secara bersamaan bakteri akan melepaskan zat pertahanan diri. Akhirnya, jaringan gigi bisa mengalami kerusakan, apabila secara terus-menerus dibiarkan, Anda harus siap-siap kehilangan gigi dan menipisnya kekuatan tulang gigi.

Ada beberapa cara menghilangkan kerak gigi yang membandel yang dapat Anda lakukan agar kerak gigi tidak merajalela di mulut. Berikut beberapa tindakan tersebut, antara lain :

Cara Menghilangkan Plak Gigi Yang Keras Dengan Gosok Gigi Minimal 2x Dalam Sehari

Menggosok gigi memiliki berbagai macam manfaat. Selain dapat membuat napas menjadi harum, menggosok gigi secara teratur juga bisa membersihkan sisa makanan yang menyebabkan kerak gigi. Oleh sebab itu pastikan Anda selalu menggosok gigi. Gosok gigi minimal 2x dalam sehari.

Anda dapat melakukannya sesudah sarapan dan sebelum tidur malam. Bukan hanya menggosok gigi secara teratur, tetapi cara menggosok gigi juga harus dilakukan dengan baik. Agar seluruh sisa makanan dapat hilang, gosok gigi dari bawah ke atas. Bukan menggosoknya dengan arah kanan kiri.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Harus Ke Dokter Dengan Sering Mengkonsumsi Buah Melon Dan Apel

Mengkonsumsi buah secara rutin memberikan manfaat untuk tubuh kita. Bukan hanya bisa membantu melancarkan pencernaan, buah juga efektif merawat kesehatan gigi, khususnya melon dan apel. Buah ini dipercaya bisa menghilangkan kerak gigi secara alami. Apel disebut sebagai buah yang kaya kandungan nutrisi, termasuk nutrisi berbentuk serat yang bisa melarutkan kotoran di gigi. Sedangkan melon mengandung air yang kaya dengan kandungan mineral alami.

Kurangi Konsumsi Tepung Dan Gula

Penyebab utama pengerasan kerak gigi adalah sisa makanan yang memiliki kandungan tepung dan gula. Plak bisa semakin banyak menumpuk jika Anda malas membersihkan gigi secara teratur, apalagi sesudah mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak tepung dan gula.

Sebetulnya tidak ada yang melarang penderita kerak gigi berhenti mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan gula dan tepung, tetapi lebih baik Anda mengurangi makanan-makanan ini terlebih dulu. Setelah kerak gigi bersih, Anda bisa mengkonsumsinya lagi, tentunya dengan tidak berlebihan.

Cara Menghilangkan Plak Gigi Yang Sudah Mengeras Dengan Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Sesudah selesai makan, lebih baik Anda mengkonsumsi air putih yang lebih banyak. Air mineral memiliki sifat netral, air tidak akan membuat pengerasan plak dan berujung pada pembentukan kerak. Walaupun tidak ada takaran pasti konsumsi air putih untuk tubuh, idealnya konsumsi air putih minimal 8 gelas dalam satu hari.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Sudah Parah Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Ada beberapa pasta gigi yang kurang efektif jika digunakan untuk menghilangkan kerak gigi, lebih-lebih pasta gigi biasa. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah membeli pasta gigi khusus. Pilih pasta gigi yang memiliki kandungan tartar control, karena kandungan ini bisa membuat plak gigi terkelupas. Gunakan pula obat kumur khusus untuk kerak gigi sehingga pembersihannya menjadi semakin optimal.

Jaga Pola Makan

Bakteri pada mulut berkaitan erat dengan jenis makanan yang Anda konsumsi. Bakteri ini berkembang dengan baik saat Anda mengkonsumsi makanan manis. Ketika Anda mengkonsumsi makanan manis, bakteri bisa mengeluarkan zat asam dan menimbulkan efek berbahaya. Jadi, kurangi konsumsi makanan manis ketika Anda melakukan tahap penghilangan kerak gigi.

Cara Merontokkan Karang Gigi Secara Alami Dengan Memanfaatkan Getah Sukun

Cara menghilangkan kerak gigi yang membandel dan mudah adalah menggunakan getah sukun. Mungkin ini terasa aneh untuk Anda. Tetapi siapa yang menyangka bila metode ini banyak diterapkan masyarakat Jawa. Getah sukun mempunyai sifat yang lengket sehingga baik untuk membantu membersihkan kerak gigi.

Caranya mudah, siapkan getah sukun, dan oleskan getah menggunakan sikat gigi di area kerak. Diamkan selama 10 menit agar seluruh getah meresap dengan sempurna. Gosok gigi menggunakan pasta gigi biasa, kumur menggunakan air hangat agar kerak gigi benar-benar sempurna.

Berbagai cara alami di atas memang aman untuk dilakukan. Namun layaknya penggunaan cara alami, Anda harus secara teratur melakukannya, agar kerak gigi bisa benar-benar bersih, selain itu cara pembersihan ini juga memerlukan waktu cukup lama agar kerak gigi daapt bersih dengan sempurna.

Baca pula koleksi artikel kami tentang cara memutihkan gigi berikut ini :

Nah itulah tadi ulasan cara menghilangkan kerak gigi yang membandel. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi Anda sekalian. Ingat, lakukan cara tersebut dengan rutin dan tekun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila terjadi iritasi atau masalah lain, Anda bisa segera menghubungi dokter spesialis gigi untuk berkonsultasi. Sampai bertemu lagi pada artikel kami yang lain ya!

The post Cara Menghilangkan Kerak Gigi Yang Membandel appeared first on Teman Cantik.



from Teman Cantik http://ift.tt/2sRoGgW
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()