Search here and hit enter....

Zat besi – Manfaat, Dosis, Efek Sampingnya Untuk Bayi dan Ibu Hamil

Baca Artikel ini Langsung dari Sumbernya : Zat besi – Manfaat, Dosis, Efek Sampingnya Untuk Bayi dan Ibu Hamil

Zat besi Berguna Untuk Apa Sih ? Baca Penjelasan Tentang Manfaat, Dosis dan Efek Sampingnya Untuk Bayi 6 Bulan, Anak Balita dan Ibu Hamil Serta Makanan, Buah dan Sayuran Yang Mengandung Zat Besi ( ferrous gluconate ) ini Bersama CaraCehat.Net

Zat besi - Manfaat, Dosis, Efek Sampingnya Untuk Bayi , Balita dan Ibu HamilZat besi adalah salah satu mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita Selain Tembaga dan Aneka Vitamin Lainya. Di dalam tubuh kita, Zat ini berfungsi untuk pembentukan sel darah merah (hemoglobin). Sel darah merah berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh kita. Anemia bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi, dengan kekurangan sat besi di dalam tubuh otomatis kadar oksigen di dalam tubuh kita kurang dari ambang batas normal. Anemia yang disebabkan oleh kekurangan sat besi memiliki ciri – ciri sebagai berikut ini.

1. Jantung berdegup lebih cepat
2. Sakit kepala dan pusing tanpa sebab
3. Sering merasa kehabisan nafas
4. Mudah merasa letih dan lelah

Berbagai zat makanan yang kaya akan sat besi diantaranya sayuran hijau, beras merah, kedelai, hati sapi dan ayam, daging merah tanpa lemak dan juga kacang – kacangan. Selain dari berbagai makanan yang kita konsumsi sehari – hari tersebut, Zat besi juga dapat kita peroleh dengan cara mengkonsumsi suplemen sat besi.

Mineral besi ( Sodium Feredetate ) merupakan salah satu jenis mineral. Sat besi ( ferrous gluconate ) adalah obat bebas, artinya untuk mendapatkan suplemen Suplemen FE besi di apotek, Anda tidak memerlukan resepdari dokter. Zat besi bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah defisiensi Sat besi. Suplemen Zhat besi tersedia dalam bentuk sirup, kapsul dan juga tablet yang aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan juga anak – anak. Zat besi disebut juga ferrous fumarate, sodium feredetate, ferrous gluconate, atau Ferrous sulfate.

Peringatan dan Bahaya

Perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum Anda mengkonsumsi Zat Ini Beberapa hal di bawah ini merupakan peringatan sebelum Anda mengkonsumsinya

1. Jika Anda mengkonsumsi suplemen ini dan juga suplemen kalsium, jangan mengkonsumsinya sekaliigus. Berilah jarak untuk mengkonsumsi kedua suplemen tersebut.

2. Jika suplemen FE tidak menyebabkan gangguan pada pencernaan, suplemen bisa dikonsumsi sebelum Anda makan.

3. Jangan mengkonsumsi suplemen ini bersama dengan antasida karena antasida dapat menghambat penyerapan suplemen ini di dalam tubuh.

4. Tinja yang dihasilkan tubuh kita akan menjadi lebih gelap saat Anda mengkonsumsiMineral ini.

5. Jangan khawatir untuk mengkonsumsi Mineral FE ( ferrous fumarate ) ini karena zat ini aman bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui.

6. Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami alergi dan juga over dosis.

Nah Penting bagi Anda Untuk Membaca Cara Kerja Dan Aturan Minum Dari Mineral ferrous fumarate ini. Baca Dosisnya Dibawah ini

Dosis ( Dossage )

Untuk mengatasi defisiensi , biasanya dokter akan memberikan dosis sebanyak 130 -195 mg per hari. Sedangkan untuk mencegah kekurangan Zat besi, dosis yang diberikan oleh dokter adalah 65 mg per hari.
Dosis yang diberikan oleh dokter juga akan berbeda – beda setiap pasiennya. Hal ini disesuaikan dengan kondisi tubuh pasien, kesehatan pasien dan juga tingkat keparahan defisiensi yang diderita oleh pasien.

Cara yang baik dan benar dalam mengkonsumsi

1. Sudah saya sebutkan diatas bahwa antasida akan menghambat penyerapan Zat (FE), oleh karena itu beri jarak 2 jam dalam mengkonsumsi keduanya.
2. Dalam mengkonsumsi Zat (FE) Anda harus mematuhi aturan pakai yang tertera pada kemasan dan juga anjuran yang telah diberikan oleh dokter.
3. Jika Anda tidak memiliki gangguan pencernaan, konsumsi suplemen Zat (FE) sebelum Anda makan karena Zat (FE) akan terserap maksimal oleh tubuh saat perut kita masih kosong.
4. Ada makanan yang dapat meghambat penyerapdan Zat besi(FE) dalam tubuh kita yaitu sereal, roti gandum, produk olahan susu, kopi dan juga teh. Oleh karena itu hindari makanan tersebut saat Anda sedang mengkonsumsi suplemen Zat (FE).
5. Konsumsi Zat ferrous fumarate (FE) pada jam yang sama setiap hari untuk memaksimalkan efeknya. Jangan menggandakan dosis Zat (FE) yang tak sengaja Anda lewatkan, segera konsumsi dosis yang etrlewat itu segera apabila jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek samping ( Side Effect )

Zat ini merupakan salah satu jenis mineral, hal ini tidak dapat menjadi jaminan bahwa mengkonsumsi FE tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah efek samping dari Suplemen ini.
1. Konstipasi
2. Warna tinja lebih gelap dari biasanya
3. Diare
4. Sakit perut, kram dan juga mual.

Semoga informasi mengenai Zat besi Atau ferrous fumarate di atas bermanfaat bagi Anda dan juga orang – orang di sekitar Anda.

Tulisan Zat besi – Manfaat, Dosis, Efek Sampingnya Untuk Bayi dan Ibu Hamil ini Bersumber dari : DokterDiet.Net.



from DokterDiet.Net http://ift.tt/2mdQKL4
via Cream Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()