Search here and hit enter....

7 Penyebab Rematik Asam Urat Tinggi

HarianSehat.ComMakanan Penyebab Asam Urat Tinggi, Penyakit asam urat merupakan salahsatu bentuk peradangan pada bagian sendi. Seseorang yang mengalami asam urat maka akan merasakan serangan nyeri yang bisa muncul secara tiba-tiba pada bagian persendian, misalnya sendi pada pergelangan kaki, sendi lutut, sendi jari-jari kaki hingga bagian tangan. Namun, biasanya asam urat yang sering dirasakan yaitu pada bagian jempol kaki.

Penyebab Rematik Asam Urat

Gambar Ilustrasi Gout / Rematik Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan karena terjadinya penumpukan senyawa dari turunan protein purin. Ketika mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki andungan purin, maka tubuh akan memecahnya. Namun pada saat konsumsi purin terlalu banyak maka sisa-sisa metabolisme tersebut tersimpan pada bagian sendi dan hal inilah yang bisa menjadikan sendi-sendi terasa nyeri.

Banyak yang menjadi faktor seseorang memiliki asam urat yang tinggi. Salahsatu pemicu terbesarnya yaitu disebabkan oleh konsumsi makanan sehari-hari yang mengandung banyak purin dan dalam hal ini mungkin konsumsinya tidak terkontrol. Sehingga mungkin banyak yang menganjurkan untuk mengurangi makanan-makanan yang mengandung purin tinggi atau bahkan menghindarinya karena bisa memperparah asam urat pada tubuh.

Tingkat asam urat yang ada dalam tubuh bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan darah. Dan kadar asam urat pada tubuh seseorang dinyatakan tinggi apabila lebih dari 7mg % pada laki-laki dan lebih dari 6mg% pada perempuan.

Tingkat asam urat dalam tubuh seseorang bisa bertambah tinggi salahsatunya disebabkan oleh adanya konsumsi-konsumsi makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Dan biasanya orang yang mengalami asam urat adalah orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun hingga 50 tahun pada laki-laki dan pada perempuan pada usia 50 tahun.

Selain melakukan pengobatan, penderita asam urat juga harus menghindari beberapa makanan yang mengandung purin yang tinggi sehingga asam urat bisa diobati dan resiko asam urat kambuh kembali dapat dicegah.

7 Penyebab Rematik Asam Urat Tinggi

Dibawah ini merupakan penyebab rematik asam urat dan pada makanan-makanan tertentu memiliki kandungan purin yang cukup tinggi sehingga konsumsi makanan-makanan tersebut harus dibatasi atau bahkan dihindari.

1.) Dehidrasi
Dehidrasi bisa menjadi penyebab rematik asam urat terjadi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka kemampuan ginjal dalam membuang kelebihan asam urat pada tubuh menjadi berkurang. Maka dari itu, apabila tubuh sering mengalami kekurangan cairan beresiko terserang rematik asam urat. Maka dari itu usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih secara cukup.

2.) Makanan Tinggi Purin
Kandungan purin yang terlalu tinggi pada maanan bisa menjadi pemicu meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Apa itu ourin? Purin adalah bahan yang terkandung secara alami dalam jenis makanan-makana  tertentu yang diproses tubuh menjadi asam urat.

Pada umumnya, purin sering ditemukan dalam berbagai makanan yang memiliki kadar protein tinggi, misalnya daging sapi, daging kambing, hati sapi, makanan laut sepeti kerang, teri, sarden dan semacamnya. Maka dari itu makanan-makanan tersebut harus dibatasi ketika dikonsumsi. (Baca juga : Pantangan Makanan Penderita Asam Urat)

3.) Minuman Berkadar Gula Tinggi
Selain itu penyebab rematik asam urat juga bisa dari makanan atau minuman yang mengandung gula fruktosa cukup tinggi. Fruktosa merupakan salahsatu zat gula yang alami dan bisa ditemukan pada jenis makanan-makanan tertentu. Selain itu, minuman-minuman ringan juga harus dihindari apabila mengandung banyak gula. Mulailah konsumsi makanan-makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran, kacang, kentang dan sejenisnya. (Baca juga : Bahaya Konsumsi Gula Berlebih)

4.) Obat Tertentu
Selain itu, beberapa obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan gagal jantung bisa memicu tingginya asam urat Maka dari itu ketika mengunjungi dokter penting bagi setiap orang untuk menginformasikan keadaan tingkat asam uratnya.

5.) Makanan Berlemak
Lemak yang masuk dalam tubuh bisa menjadi penghambat ekskresi asam urat melalui urin. Diantaranya makanan yang digoreng, makanan yang bersantan, margarine, dan juga mentega sebaiknya dihindari. Maka dari itu konsumsi lemak harus dikontrol dengan baik. Setiap harinya sebaiknya lemak tidak dikonsumsi lebih dari 15 persen dari jumlah kalori masuk.

6.) Riwayat Medis Kesehatan Pasien
Beberapa kondisi kesehatan yang pernah terjadi bisa saja menjadi penyebab meningkatnya resiko penyakit asam urat. Dan itu berarti seseorang akan menjadi lebih mudah rentan terserang asam urat atau rematik ini apabila memiliki atau sedang mengidap :
– Tingkat lemak dan kolesterol tinggi pada darahnya.
– Penyakit ginjal,
Osteoartritis pada bagian tangan, lutut, dan kaki,
– Penyakit diabetes, dan,
– Tekanan darah tinggi.

7.) Riwayat Kesehatan Keluarga
Penelitian menyebutkan bahwa penyakit asam urat merupakan penyakit turunan. Dan dalam hasil riset tersebut menunjukan bahwa satu dari lima penderita memiliki satu anggo keluarga yang juga mengidap asam urat. Meskipun begitu, dengan dilakukan pengobatan dan pencegahan yang benar asam urat bisa disembuhkan.

Ada banyak yang bisa menjadi penyebab asam urat. Dan pada setiap orang, gejala yang muncul kadang berbeda. Beberapa diantaranya bisa menurunkan asam urat dengan mengurangi konsumsi makanan-makanan tertentu. Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk mengenali berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya serangan rematik asam urat secara spesifik sehingga Anda bisa hidup lebih sehat.

Baca juga : Gejala Penyakit Asam Urat

Dengan melakukan pengaturan konsumsi pada jenis makanan-makanan tertentu maka akan berdampak besar pada keadaan asam urat dalam tubuh.


Harian Sehat - Daily Health News

The post 7 Penyebab Rematik Asam Urat Tinggi appeared first on Harian Sehat.



from Harian Sehat http://ift.tt/2qZpFMc
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()