Search here and hit enter....

10 Makanan dan Minuman Perusak Gigi

HarianSehat.Com – 10 Makanan dan Minuman Perusak Gigi, Kesehatan tubuh dapat terjaga apabila seluruh organ tubuh dapat dijaga dengan cara yang baik dan benar, sehingga seluruh anggota tubuh bisa melakukan fungsinya secara normal, termasuk juga organ pengunyah makanan yaitu gigi. Kesehatan gigi dapat dijaga dengan membiasakan diri melakukan pola hidup sehat.

Banyak orang dengan tanpa sadar merusak gigi mereka yang disebabkan seringnya mengkonsumsi makanan kesukaan mereka. Hingga mereka tidak sadar bahwa makanan-manakan yang dikonsumsinya dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi bahkan sampai menyebabkan bakteri bertumpuk dan menimbulkan plak sehingga gusi menjadi bengkak, mengalami pendarahan dan akhirnya merasakan sakit gigi.

10 Makanan dan Minuman Perusak Gigi

Jika Anda sering mengkonsumsi makanan tentu harus sering juga menjaga kebersihan gigi. Selain menjaga kesehatan gigi dengan rutin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, berkumur setelah mengkonsumsi makanan juga menjadi salahsatu cara untuk mengurangi resiko kerusakan gigi. Makanan dan Minuman juga harus diperhatikan karena merupakan salahsatu faktor penyebab terjadinya kerusakan gigi. Anda harus bisa memperhatikan apakah makanan tersebut baik untuk kesehatan gigi ataupun tidak.

Makanan dan Minuman Perusak Gigi

Gambar Ilustrasi

Dibawah ini merupakan beberapa makanan dan minuman yang dapat merusak gigi yang dirangkum dari berbagai sumber, simak uraian lengkapnya!

1.) Buah-buahan Asam
Buah-buahan biasanya menjadi makanan sehat yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang, biasanya dikonsumsi langsung ataupun dibuat jus. Namun ternyata buah-buahan juga mengandung sifat asam atau memiliki PH yang rendah. Dan asam yang terdapat pada buah-buahan inilah yang bisa menjadikan gigi rusak pada bagian email gigi atau bagian luar gigi dan selanjutnya gigi akan terasa ngilu dan juga sensitif. Meskipun begitu, jika dikonsumsi dengan cara yang sehat dan seimbang, buah-buahan tetap baik untuk menjaga kesehatan dan menyeimbangkan asupan nutrisi harian dalam tubuh.

2.) Kopi
Kopi merupakan salahsatu minuman favorit kebanyakan orang dan seringkali disajikan dipagi hari, ternyata memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Kadar asam yang tinggi ini tentu saja ditentukan dari jumlah kopi yang dikonsumsi sehingga Anda tidak disarankan mengkonsumsi kopi berlebihan karena dikhawatirkan bisa merusak gigi Anda.

3.) Minuman Bersoda
Minuman bersoda merupakan minuman yang kurang sehat untuk dikonsumsi, diketahui bahwa minuman bersoda memiliki kadar asam yang cukup tinggi. Ketika Anda mengkonsumsi minuman soda sebaiknya ketika akan diminum tidak disarankan ditahan di mulut sebelum menelannya. Karena apabila ditahan dalam mulut maka soda akan berkontraksi dengan gigi dan dapat meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada gigi Anda.

4.) Pempek
Pempek merupakan makanan yang cukup banyak digemari juga, namun ternyata dapat merusak gigi. Sebenarnya bukan pempeknya yang bisa merusak gigi namun penggunaan cuko atau bumbu cuka yang dicampur pada pempek tersebut. Cuko pada pempek memiliki tingkat asam (acid) yang cukup tinggi, dan diketahui bahwa jika dikonsumsi sering maka dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

5.) Acar, Sayuran dan Buah yang Diasamkan
Biasanya acar dan juga asinan dikonsumsi sebagai makanan lezat pelengkap, meskipun begitu jika terlalu sering dikonsumsi dapat menyebabkan kerusakan gigi karena memiliki kadar asam yang cukup tinggi.

6.) Yoghurt
Diketahui bahwa yoghurt merupakan sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dan memiliki banyak manfaat, namun ternyata yoghurt juga memiliki kadar asam yang cukup tinggi. Sehingga Anda disarankan untuk mengkonsumsi yoghurt tidak berlebihan dan dalam porsi normal saja.

7.) Roti
Jenis makanan seperti biskuit, kue kering dan roti adalah jenis makanan yang memiliki sifat lengket dan menempel pada bagian gigi apabila dikonsumsi. Seperti yang dikutip dari situs Boldsky, makanan yang memiliki sifat lengket dapat menimbulkan plak dan beresiko menjadi karang gigi apabila tidak dibersihkan sehingga dapat merusak gigi.

8.) Keripik
Mengkonsumsi makanan ringan seperti cikicikian, keripik dan jenis kerupuk biasanya digemari oleh kebanyakan orang. Padahal makanan tersebut tidak jarang menyangkut pada sela-sela gigi dan menyangkut pada gigi, apabila tidak lekas dibersihkan makan bisa berakibat pada terbentuknya karang gigi.

9.) Es
Es dan minuman dingin merupakan salahsatu yang menjadi penyebab gigi menjadi sensitif. Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan mengunyak es batu yang masih keras, bisa membuat gigi rentan mengalami goyah dan bisa menyebabkan rusaknya bagian enamel gigi.

10.) Minuman Isotonik
Berbagai produk minuman isotonik dan minuman berenergi akhir-akhir ini menjadi populer padahal dapat menyebabkan kerusakan gigi. Hal ini bisa saja terjadi karena kandungan gula yang cukup tinggi pada jenis minuman ini dan menjadi penyebab kerusakan pada gigi.

Diatas merupakan Makanan dan Minuman Perusak Gigi, dengan adanya artikel diatas bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan dan minuman diatas, namun Anda harus bijak dalam mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman seperti yang telah disebutkan diatas. Dengan membatasi dalam arti mengkonsumsi makanan diatas secara aman dan tidak berlebihan maka gigi Anda akan tetap terjaga kesehatannya, namun tentu saja jangan lupa untuk terus merawat gigi Anda.

Selain makanan dan minuman diatas, sebenarnya masih banyak yang menjadi faktor cepat rusaknya gigi. Beberapa diantaranya makan dan minum sebelum tidur, menahan minuman soda di mulut dan jarang menggosok gigi. Kebiasaan tersebut apabila tidak segera diubah maka akan menyebabkan kerusakan pada gigi-gigi Anda. Maka dari itu, Anda harus tetap menjaga kesehatan gigi agar tetap bersih dan kuat.

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami

Terimakasih telah membaca artikel tentang 10 makanan dan minuman perusak kesehatan gigi. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda tentang berbagai faktor kesehatan tubuh Anda. Tak lupa untuk selalu mengingatkan Anda untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, mari biasakan diri melakukan kebiasaan pola hidup sehat dan Salam Sehat!


Harian Sehat - Daily Health News

The post 10 Makanan dan Minuman Perusak Gigi appeared first on Harian Sehat.



from Harian Sehat http://ift.tt/2jCw0Lu
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()