Search here and hit enter....

28 Manfaat Daun Tempuyung Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Tempuyung – Daun tempuyung merupakan salah satu tumbuhan yang sering dijadikan sebagai obat herbal. Berbagai kandungan senyawa di dalamnya mampu diandalkan dalam mengatasi berbagai penyakit dan membantu memelihara kesehatan tubuh. Daun tempuyung memiliki bentuk yang panjang, dengan tepi daun bergerigi atau bergelombang dan duduk daun yang berselang-seling. Tumbuhan ini dapat dengan mudah ditemukan dalam pekarangan atau semak, dan sangat suka dengan tempat terbuka dimana cahaya matahari dapat menyinari langsung.

Tumbuhan dari kelompok Asteraceae ini sudah sejak lama dijadikan obat tradisional, namun seiring perkembangan zaman dan majunya pengobatan medis, tumbuhan ini mulai diabaikan. Keampuhan daun tempuyung dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan tubuh, tidak terlepas dari senyawa di dalamnya. Daun tempuyung mengandung kalsium, magnesium, silica, natrium, flavonoid, kumarin, inositol, asam fenolat, taraksaterol, manitol, P-laksuserol, dan oc-laktuserol. Tumbuhan ini memiliki getah hijau yang terdapat pada batangnya, dan di tengah batang terdapat rongga atau lubang.

Manfaat daun Tempuyung

Manfaat Daun Tempuyung untuk Kesehatan Tubuh

Banyaknya kandungan senyawa aktif dalam daun tempuyung, menjadikan tumbuhan ini sangat berkhasiat dalam mengobati berbagai penyakit luar maupun dalam. Adapun manfaat yang bisa kita peroleh dari daun tempuyung adalah sebagai berikut.

1. Mengobati Kencing Batu

Masalah kencing batu dapat terjadi akibat sering menahan kencing dan kurangnya minum air putih, sehingga air seni yang ada di dalam kandung kemih mengendap dan membentuk padatan seperti batu atau kristal. Batu tersebut bisa terbentuk di kandung kemih dan bisa juga terbentuk di saluran kemih, dengan rasa sakit yang tidak tertahankan. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan daun tempuyung yang terbukti ampuh mengatasi kencing batu.

Ada 2 cara yang bisa kita lakukan. Cara pertama, siapkan daun tempuyung yang telah dikeringkan sebanyak 250 mg, lalu rebuskan dalam 250 ml air. Biarkan mendidih hingga menjadi 150 ml, lalu saring dan dinginkan. Bagi ramuan tersebut menjadi tiga, dan minumlah 3 kali sehari sampai habis. Lakukan setiap hari hingga sakit kencing batu menjadi sembuh.

Untuk cara kedua, siapkan 5 lembar daun tempuyung, 5 lembar daun keji beling, 6 buah jagung muda (janten) yang dipotong, potong, 3 jari gula enau atau gula aren. Rebus semua bahan dalam 3 gelas air hingga menyusut menjadi ¾ gelas. Saring dan dinginkan, lalu minum 3 kali sehari secara rutin hingga penyakit tersebut sembuh.

2. Mengatasi Masalah Wasir

Daun tempuyung juga ampuh dalam mengatasi penyakit wasir, dimana penyakit ini menyebabkan kesulitan buang air besar dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Caranya, siapkan setidaknya 60 gram daun tempuyung yang telah dibersihkan, lalu rebus hingga mendidih. Kemudian saring dan biarkan hingga dingin, lalu minumlah air rebusan tersebut sampai habis. Lakukan secara teratur hingga masalah wasir hilang secara alami.

3. Mengatasi Gangguan Pendengaran

Sebagian orang mungkin memiliki masalah dengan fungsi pendengarannya sehingga kondisi ini dapat membuatnya kesulitan dalam berkomunikasi. Untungnya ada cara mudah dan alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan tersebut, yaitu dengan menggunakan daun tempuyung.

Caranya, sediakan daun tempuyung secukupnya lalu cuci bersih. Bilas dengan air matang untuk membuatnya lebih bersih, lalu giling hingga halus. Peras gilingan daun tersebut hingga keluar airnya, atau bisa juga memerasnya dengan menggunakan kain. Air perasannya tersebut dapat diteteskan pada lubang telinga yang mengalami gangguan pendengaran. Lakukan 3-4 kali dalam sehari secara teratur hingga pendengaran kembali berfungsi normal.

4. Mengatasi Luka Bakar di Kulit

Mungkin secara tidak sengaja aktivitas yang kita lakukan sehari-hari dapat menyebabkan terjadinya luka bakar yang cukup menyakitkan. Tentunya luka bakar harus segera diatasi agar tidak menjadi lebih buruk. Kita bisa menggunakan daun tempuyung untuk membantu mengurangi rasa sakit pada luka tersebut. Caranya sangat mudah, cukup dengan mengambil daun tempuyung secukupnya lalu dicuci hingga bersih. Giling hingga daun tersebut halus lalu balurkan pada luka bakar yang dialami. Dengan pemakaian rutin luka bakar akan sembuh bahkan bekasnya pun akan memudar.

[ Baca juga : Cara mengatasi bekas luka yang membandel ]

5. Mengatasi Masalah Bisul

Bisul juga merupakan salah satu masalah kulit yang kerap timbul, akibat kurangnya menjaga kebersihan kulit sehingga muncul infeksi dan abses yang membengkak. Untuk mengatasinya cukup dengan memanfaatkan daun tempuyung, dan cara menggunakannya juga hampir sama dengan cara mengobati luka bakar. Daun tempuyung yang telah dihaluskan ditempelkan pada bisul dan biarkan hingga kering. Lakukan beberapa kali sehari hingga bisul hilang.

6. Mengatasi Peradangan pada Payudar*

Payudar* kadangkala dapat mengalami peradangan apalagi pada wanita yang menyusui, dan rasa sakitnya tentu membuat tidak nyaman. Jika tidak ingin mengatasinya dengan menggunakan obat kimia, kita bisa menggunakan bahan alami yaitu daun tempuyung untuk meredakan peradangan pada payudar*. Caranya sediakan 15 gram daun tempuyung yang telah dicuci bersih, rebus dalam 3 gelas air. Setelah mendidih dan menyusut hingga 1 gelas, saring dan dinginkan airnya. Minumlah 2-3 kali sehari hingga peradangan pada payudar* mereda.

7. Mengatasi Masalah Obesitas

Bagi yang memiliki masalah obesitas atau tubuh yang gemuk tentu merasa frustasi dengan metode diet yang menyiksa. Padahal jika tidak segera diatasi, lemak yang menumpuk di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit berbahaya. Untuk mengatasinya secara alami dan tanpa efek samping, cobalah untuk memanfaatkan daun tempuyung.

Caranya, ambil 4 lembar daun tempuyung kemudian cuci hingga bersih. Rebuslah dalam 100 ml air, dan tunggu hingga mendidih. Setelah itu angkat dan saring airnya, tunggu hingga dingin. Konsumsi ramuan ini sekali sehari selama 3 minggu berturut-turut, dan lihatlah perubahan yang terjadi pada tubuh Anda.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus diwaspadai ]

8. Mengobati Batu Ginjal

Selain dapat mengatasi penyakit kencing batu, daun tempuyung juga sangat berkhasiat dalam mengatasi batu ginjal yang belakangan ini diderita oleh banyak orang. Cara menggunakannya, ambil daun tempuyung sebanyak 5 lembar, daun sawi tanah sebanyak 5 lembar dan daun alpukat sebanyak 5 lembar. Setelah dicuci bersih, rebus dalam 3 gelas air, jika mau boleh ditambahkan gula enau sebanyak 2 jari. Didihkan hingga menjadi ¾ nya, lalu dinginkan. Bagilah menjadi 3 bagian untuk diminum 3 kali sehari. Lakukan setiap hari hingga penyakit tersebut dapat sembuh.

9. Mengobati Usus Buntu

Usus buntu merupakan bagian dari organ pencernaan, dan seringkali mengalami peradangan akibat adanya makanan yang terjebak dalam usus tersebut. Jika tidak segera diatasi, usus buntu bisa membengkak dan pecah yang dapat berakibat fatal bagi keselamatan nyawa penderitanya. Sayangnya usus buntu seringkali berujung dengan tindakan operasi yang membuat banyak orang takut untuk menjalaninya.

Untungnya ada cara alami yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi masalah usus buntu tersebut, yaitu dengan menggunakan daun tempuyung. Caranya, ambil daun tempuyung sebanyak 30 gram lalu bersihkan. Rebus dalam 2 gelas air dan biarkan hingga mendidih. Saring dan dinginkan airnya lalu minumlah 2-3 kali sehari secara rutin hingga radang usus buntu dapat disembuhkan.

Info manfaat lainnya :

10. Mengobati Infeksi Kandung Kemih

Masalah pada saluran kencing atau saluran kandung kemih memang cukup sering dialami banyak orang, dan biasanya berupa infeksi baik pada saluran atau kandung kemihnya. Nah, untuk mengatasinya secara alami kita dapat menggunakan daun tempuyung. Caranya, ambil 5 daun tempuyung dan cuci hingga bersih. Jadikan lalapan dengan memakannya mentah-mentah, cukup dilakukan 3 hari sekali namun secara rutin dan teratur. Secara berangsur-angsur rasa nyeri akibat infeksi tersebut akan mulai hilang.

11. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Jika Anda memiliki masalah dengan tekanan darah yang tinggi, sebaiknya jangan dianggap remeh dan dibiarkan berlarut-larut. Karena tekanan darah tinggi dapat memicu serangan jantung dan penyakit stroke yang membahayakan nyawa. Tentunya ada banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk mengembalikan tekanan darah menjadi normal, salah satunya dengan daun tempuyung.

Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan melalap daun tempuyung setidaknya 5 lembar secara rutin maka tekanan darah akan menjadi stabil. Namun jangan berlebihan dan terlalu sering karena jika berlebihan dapat menurunkan tekanan darah sehingga menyebabkan tekanan darah rendah. Hal ini juga tidak baik bagi kesehatan dan dapat membuat tubuh lemas.

12. Mengatas Batu Empedu

Masalah pembentukan batu atau kristal akibat endapan sisa metabolisme memang kerap dialami sebagian besar orang. Tidak hanya terdapat batu ginjal atau kencing batu, pada kantung empedu pun dapat terbentuk batu empedu, dan hal ini harus segera diatasi. Caranya, yaitu dengan memanfaatkan daun tempuyung yang pengolahannya hampir sama dengan cara mengobati kencing batu dan batu ginjal yang telah dibahas sebelumnya.

13. Melancarkan Peredaran Darah

Sibuk beraktivitas seharian mungkin memang menjadi sebuah tuntutan hidup, namun kita menjadi kekurangan waktu untuk melakukan olahraga, sehingga tubuh menjadi kaku, mudah merasa nyeri hingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Hal ini bisa berdampak pada kesehatan dan jika dibiarkan dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit. Kita dapat melancarkan kembali peredaran darah dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun tempuyung secara teratur sehingga tubuh menjadi segar.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, masih banyak manfaat lainnya dari daun tempuyung, seperti berikut ini.

  1. Mengatasi masalah pencernaan seperti disentri.
  2. Mengobati penyakit sembelit.
  3. Mengatasi mastitis pada wanita.
  4. Menurunkan demam.
  5. Menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh.
  6. Mengatasi berbagai pembengkakan dan peradangan yang terjadi dalam tubuh.
  7. Mengatasi veser mania tau disebut juga spermatorea.
  8. Mengobati penyakit asam urat.
  9. Mengatasi memar akibat benturan.
  10. Melancarkan pembuangan air seni yang tersendat.
  11. Membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan kalium.
  12. Membantu detoksifikasi dalam tubuh dan sebagai antioksidan alami.
  13. Mengurangi kadar garam dalam makanan sehingga mencegah hipertensi.
  14. Menghilangkan pegal-pegal dan otot yang kaku.
  15. Menyehatkan saluran kencing.

Itulah Manfaat Daun Tempuyung untuk kesehatan tubuh yang sangat luar biasa. Selain khasiatnya yang cukup banyak daun ini juga sangat mudah ditemukan sehingga dapat digunakan kapan saja saat dibutuhkan. Dengan memanfaatkan bahan alami sebagai metode pengobatan, kita dapat menghindari efek samping seperti yang ada pada obat kimia. Dengan begitu kesehatan akan lebih terjaga dan berbagai gangguan kesehatan dapat segera diatasi.

The post 28 Manfaat Daun Tempuyung Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh appeared first on Manfaatsehat.id.



from Manfaatsehat.id http://ift.tt/2o7Z1AH
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()