Search here and hit enter....

13 Penyebab & Cara Mengatasi Bayi Susah Makan / Tidak Mau Makan

Portalremaja.com – Tentu kita sering mengalami anak bayi susah makan dan minum susu dan kita pun sebagai orang tua akan pusing tujuh keliling gimana cara agar bayi doyan makan dan apa penambah nafsu makan bayi tersebut. Meskipun hal ini wajar, tapi bukan berarti anda bisa menganggapnya sepeleh, pasalnya banyak diantara kita percaya mitos kalau hal tersebut sudah sangat lumrah dan kita pun menganggapnya menjadi wajar. Tahukah anda jika asupan pada bayi merupakan faktor penentu yang bisa membuat bayi sehat dan aktif sehingga tumbuh kembangnya pun menjadi baik. Jadi bunda harus paham betul kenapa anak bayi susah makan dan bunda juga harus mencari tips cara membuat bayi doyan makan sebagaimana yang akan kita ulas pada artikel kali ini.

Anda bisa sampai ke artikel ini pasti disebabkan karena sulitnya anda memberikan makan ke bayi, bayi seolah menutup mulut dan tak selera makan sehingga mempengaruhi pertumbuhan berat bandannya, bahkan bagi beberapa kasus ada bayi yang sebelumnya aktif dan berubah menjadi lesu karena kebutuhan makanannya kurang.

Menurut penelitian, hal semacam ini disebabkan oleh adanya faktor kecil yang umum dialami bayi. Dalam kondisi ini bayi akan suka menyemburkan apa yang dia makan lalu meskipun kita paksa mereka tetap tidak mau menelan makanan dan malah menge mutnya saja tanpa mau menelan makanan tersebut. Meskipun wajar, anda tetap harus memberikan makanan pendamping ASI agar pertumbuhan anak menjadi baik.

13 Penyebab & Cara Mengatasi Bayi Susah Makan / Tidak Mau Makan

13 Penyebab & Cara Mengatasi Bayi Susah Makan / Tidak Mau Makan

Baca juga : Suka Emosi Karna Kebandelan Anak? Awas Jangan Sekali Kali Terucap 8 Kalimat Ini, Atau..

Penyebab Bayi Susah Makan / Susah Menelan Makanan

1. Ia Tidak Selera Dengan Makanan Yang Diberikan

Beberapa orang menyebutkan kejadian seperti yang telah disebutkan diatas tadi umumnya terjadi karena selera makan anak bayi yang hilang. Diusia 8 bulan keatas bayi sudah mulai memiliki selera makanan layaknya orang dewasa, dia sudah mulai malas mencicipi makanan yang itu – itu saja sehingga bisa jadi penyebab anak bayi anda menjadi susah makan adalah ia tidak selera dengan makanan yang diberikan. Meskipun begitu, alasan tersebut tidak bisa anda jadikan patokan karena mungkin akan berbeda untuk setiap bayi yang susah makan.

2. Bayi Sedang Dalam Fase Perkembangan Sehingga Menghiraukan Mengkonsumsi Makanan

Ada pula yang menyebutkan bahwa saat usia 8 bulan keatas bayi mengalami fase perkembangan yang membuatnya terfokus pada dunia luar sehingga membuatnya lupa makan. Mungkin anda pernah mengalami anak bayi anda sangat aktif dan terus ingin main, mencoba hal baru dan aktifitas perkembangan lainnya. Nah kemungkinan anak anda sedang dalam fase ini sehingga membuatnya menjadi tidak mau makan.

3. Bayi Mengalami Gangguan Kesehatan

Untuk penyebab bayi tidak mau makan yang ketiga ini mungkin akan dengan mudah diketahui lewat kebiasaan sang buah hati. Anda dapat memperhatikannya apakah ia pilek, demam, atau gangguan kesehatan lain yang membuatnya susah makan.

Setelah kita mengetahui beberapa alasan kenapa bayi susah makan, maka selanjutnya kita harus mencari solusi apa yang bisa kita terapkan guna membuat bayi menjadi doyan makan dan tidak mengganggu pertumbuhan fisiknya. Berikut telah kami rangkum cara mengatasi bayi susah makan serta cara membuat bayi doyan makan dari berbagai sumber terpercaya, semoga bermanfaat untuk anda ya.

Baca juga : 5 Penyebab Utama Dan Cara Mengatasi Bayi Gelisah Saat Menyusui

Tips Mengatasi Anak Susah Makan / Agar Bayi Doyan Makan

1. Ambil perhatiannya dengan mainan bersuara

Sambil menyuapi bayi makan ajaklah bermain si buah hati dengan mainan yang bersuara. Mainan bersuara bisa memancing reaksinya sehingga secara tidak sadar apa yang kita suapkan ke bayi akan ditelan habis oleh sang buah hati.

2. Pancing bayi agar mau melihat keatas

Ini bisa anda lakukan dengan berbagai cara, bisa dengan mainan ataupun benda yang ia suka. Saat dia sudah terpancing dan melihat keatas biasanya mulut bayi akan terbuka dan suapkan makanan kemulutnya.

3. Jangan terlalu banyak memberikannya makanan

Jika bayi anda suka anda berikan makanan seperti roti atau sebagainya, maka cobalah hentikan kebiasaan tersebut. Mungkin saja bayi sudah kenyang sehingga membuatnya tidak selera makan, selain itu kurangilah porsi makan bayi sehingga dia akan merasa lapar dan menjadi lahap ketika kita ajak makan.

4. Apabila anak Sudah Berbicara, Berikan Penghargaan Kepadanya

Nah tips ini bisa anda lakukan jika bayi anda sudah paham dan mengerti berkomunikasi. Anda bisa janjikan ke anak untuk mengajaknya main / membelikannya mainan jika ia menghabiskan makanannya, tips ini terbukti manjur untuk memaksa anak makan.

Baca juga : Penyebab, Cara Mengatasi Anak Tidur Gelisah & Mengigau Di Malam Hari

5. Putarkan film kartun kesukaannya

Jika dengan mainan bayi tidak terpancing fokusnya, cobalah dengan film kartun yang ia suka. Biasanya dengan anda mengajaknya nonton film kartun, dia akan tidak sadar kalau ia sedang dipaksa makan oleh anda.

6. Dekatkan barang yang bisa dia gigit

Sudah menjadi kebiasaan alami bayi untuk menggigit apapun yang ada disekitarnya. Nah ini bisa anda jadikan senjata agar bayi doyan makan, saat dia mulai membuka mulutnya maka anda harus sigap menyuapkan bayi makanan.

7. Ajaklah makan bersama anda

Wah ini pasti akan sulit untuk anda terapkan, pasalnya kita tentu akan sulit berkonsentrasi untuk makan karena harus menyuapkan bayi juga. Tapi ini terbukti ampuh lho,,, anda bisa makan bareng bayi karena dia akan refleks makan karena melihat ibunya juga makan.

8. Cobalah rubah rasa makanannya

Bayi susah makan umumnya karena dia tidak suka dengan rasa dari makanan tersebut sehingga merubah rasa dari makanannya kemungkinan berhasil untuk membuat bayi menjadi doyan makan. Anda bisa tambahkan garam ataupun kecap dan lihat apakah dia suka dengan makanan tersebut.

9. Berilah makanan setelah dia selesai mandi

Waduh, kotor lagi dong ? iya biasanya kita suka memberi makan bayi tepat sebelum dia mandi karena bayi makan akan berhamburan dan belepotan. Tapi mulai sekarang cobalah memberikan makanan kepadanya setelah dia mandi sebab dengan mandi membuat aliran darah menjadi lebih lancar sehingga memicu rasa lapar.

Baca juga : Tips Agar Hemat Pampers / Cara Menghemat Pengeluaran Pampers Bayi

10. Tipu dengan air putih

Bayi biasanya tahu kalau dia diberikan makanan sehingga ia sukar membuka mulutnya, nah coba anda bohongi dia dengan memberikan sedikit air putih. Saat dia membuka mulutnya anda bisa suapkan makanan.

Itulah tadi beberapa tips membuat bayi doyan makan dan mengatasi bayi susah makan dengan mudah. Kita sebagai orang tua dituntut kreatif dan sabar dalam memberi makan bayi pasalnya bukan cuma anda saja tapi ada banyak sekali bayi diluaran sana yang mengalami masalahserupa, semoga artikel ini bermanfaat ya terimakasih.

The post 13 Penyebab & Cara Mengatasi Bayi Susah Makan / Tidak Mau Makan appeared first on PortalRemaja.Co.Id.



from PortalRemaja.Co.Id http://ift.tt/2pvvaTA
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()