Search here and hit enter....

20 Manfaat Daun Cempaka Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Cempaka Putih – Keindahan bunga cempaka memang sudah tidak diragukan lagi, karena itu banyak orang yang menanamnya di pekarangan rumah. Selain warnanya yang cantik, bunga cempaka juga memiliki aroma yang sangat sedap dan sehingga sering dijadikan bunga penghias pada pengantin. Bunga cempaka dengan nama latin Michelia alba sendiri terdiri dari banyak warna seperti kuning, putih, dan ungu. Namun yang paling sering dipakai sebagai hiasan adalah yang berwarna putih.

Nah, jika biasanya kita sangat mengandalkan bunganya untuk digunakan, kali ini kita hanya akan membahas tentang daun cempaka, khususnya daun cempaka putih. Mungkin masih sedikit yang tahu kalau daun cempaka putih ternyata memiliki manfaat yang luar biasa terutama untuk kesehatan tubuh. Jadi tanaman ini tidak melulu hanya diambil bunganya saja, daunnya pun bisa diambil karena dapat dijadikan sebagai obat herbal.

manfaat daun cempaka

Manfaat Daun Cempaka Putih untuk Kesehatan

Meski belum begitu dikenal akan manfaat daunnya, kita dapat memperoleh khasiat daun cempaka putih untuk mengatasi berbagai penyakit dari yang ringan hingga berat. Umumnya penggunaan daun cempaka putih dengan cara merebusnya dan air rebusan tersebut dikonsumsi secara rutin. Bahkan untuk menambah kenikmatan rasanya kita bisa menambahkan irisan jahe atau madu secukupnya. Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat daun cempaka putih untuk kesehatan tubuh kita secara menyeluruh.

1. Mengatasi Keputihan

Bagi para wanita yang memiliki masalah keputihan berlebih hingga menimbulkan bau tak sedap, bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan daun cempaka putih. Kandungan senyawa kimia di dalamnya akan membantu mengatasi keputihan dari dalam tubuh dan mencegah mikroorganisme penyebab keputihan bersarang dalam tubuh. Keputihan yang sangat parah harus segera diatasi karena jika dibiarkan dapat menjadi pertanda penyakit serius pada organ reproduksi.

2. Menghilangkan Bau Badan

Siapapun pasti tidak akan pede keluar rumah jika memiliki masalah dengan bau badan. Baik bagi pria maupun wanita, aorma tubuh menjadi poin penting dalam menunjang penampilan seseorang, dan tubuh yang bau sering dianggap jorok serta membuat orang lain di sekitarnya merasa tidak nyaman. Nah, ternyata ada cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau badan yang tentunya sangat aman digunakan. Jika biasanya yang kita tahu hanya daun sirih yang memiliki khasiat tersebut, ternyata air rebusan daun cempaka putih pun juga dapat membantu mengatasi bau badan pada seseorang.

3. Mengatasi Vertigo

Sekilas vertigo mirip dengan sakit kepala biasa, namun vertigo terasa lebih menyakitkan bahkan tidak jarang dapat menyebabkan penderitanya mengalami pingsan. Umumnya saat seseorang mengalami vertigo ia tidak dapat melakukan aktivitasnya dengan normal, karena itu penyakit vertigo yang dapat menyebabkan kerusakan saraf harus segera diatasi. Salah satu cara alami yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun cempaka putih secara teratur hingga gejala vertigo mereda atau hilang.

4. Menyembuhkan Sinusitis

Penyakit sinusitis sebenarnya merupakan peradangan yang terjadi pada sinus yang letaknya di dalam rongga batang hidung. Jika sinus mengalami peradangan, maka akan terasa sakit hingga mengeluarkan lendir. Penyakit ini akan semakin parah jika udara sedang dingin atau saat di pagi hari. Nah, tentunya sinusitis membuat penderitanya merasa tidak nyaman, dan untuk membantunya sembuh dari penyakit tersebut cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun cempaka putih dan sering-sering menghirup aroma dari bunganya.

5. Mengatasi Perut Kembung

Gejala dari perut kembung adalah adanya rasa mual, perut begah, terasa penuh dan saat makan mudah merasa kenyang. Kondisi perut kembung seringkali membuat penderitanya merasa tidak nyaman, bahkan terkadang bila sudah parah dapat menyebabkan sesak di dada. Nah, agar gejala kembung dapat segera hilang, kita bisa memanfaatkan daun cempaka putih yang direbus dan diminum airnya secara teratur.

6. Meredakan Batuk

Batuk juga sering membuat tidak nyaman karena leher menjadi terasa sakit bahkan dapat menyebabkan perut menjadi kram. Jika batuk tidak segera diatasi maka akan dapat menular pada orang lain karena penyakit ini umumnya disebabkan infeksi virus atau bakteri. Umumnya batuk terbagi dua yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Namun tenang saja, kedua jenis batuk tersebut bisa diatasi dengan menggunakan daun cempaka putih yang direbus dan air rebusannya diminum selagi hangat. Bahkan dalam merebus daun tersebut bisa ditambah beberapa kuntum bunga cempaka putih.

Artikel manfaat lainnya :

7. Meredakan Gejala Sakit Kepala

Bukan hanya vertigo saja yang bisa diatasi dengan menggunakan daun cempaka putih, namun sakit kepala biasa pun bisa disembuhkan. Gejala sakit kepala memang bisa mengindikasikan berbagai penyakit, termasuk kembung, kelelahan, kurang darah, kurang beristirahat dan terjadi gangguan pada saraf. Nah, sebelum penyakit tersebut semakin parah hingga menghambat aktivitas, segera atasi dengan meminum air rebusan daun cempaka putih.

8. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat terjadi karena terinfeksi mikroorganisme atau makanan yang terlalu pedas, dan gejalanya yaitu rasa sakit dan tidak nyaman pada tenggorokan. Bahkan tak jarang menelan makanan pun terasa sulit jika peradangan sudah semakin parah. Karena itu, segera atasi gejala radang tenggorokan dengan daun cempaka putih sehingga tenggorokan terasa lega dan kita dapat beraktivitas kembali dengan lancar.

9. Mengobati Migraine

Gejala sakit kepala memang cukup banyak, begitu pula dengan jenisnya. Selain vertigo dan sakit kepala biasa yang menyerang seluruh bagian kepala, ada pula sakit kepala migraine yang hanya menyerang sebagian sisi kepala saja. Rasa sakit dari migraine cukup hebat dan sering dapat menghambat seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Karena itu daun cempaka putih juga dapat diandalkan untuk mengatasi masalah seperti sakit kepala migraine tanpa efek samping tentunya.

10. Mencegah Penyakit Magh

Penyakit magh dapat terjadi dikarenakan kadar asam lambung berlebuh akibat berbagai faktor. Kondisi ini dapat melukai dinding lambung sehingga terjadi luka dan menimbulkan rasa perih. Umumnya seseorang yang terkena penyakit magh akan mudah mengalaminya berkali-kali karena penyakit ini mudah sekali kambuh. Nah, untuk mencegah penyakit ttersebut kambuh lagi, kita bisa mengkonsumsi air rebusan daun cempaka putih secara rutin.

Baca juga : manfaat daun sirsak, manfaat cuka apel, manfaat biji mahoni, manfaat mengkudu

11. Membantu Melancarkan Haid

Haid yang tidak lancar biasanya dapat terjadi akibat kelelahan dan sedang mengalami stres sehingga dapat mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh wanita. Hal ini tentunya tidak boleh dibiarkan karena darah haid yang seharusnya keluar menjadi tertahan di dalam tubuh sehingga bisa menjadi pemicu munculnya berbagai macam penyakit di organ reproduksi wanita. Untuk membantu melancarkan kembali siklus haid, kita bisa menggunakan daun cempaka putih yang direbus dan diminum airnya.

12. Menyehatkan Organ Pencernaan

Daun cempaka putih tidak hanya dapat mengatasi dan mencegah penyakit magh, namun juga dapat menyehatkan seluruh organ pencernaan. Dengan mengkonsumsi air rebusannya secara rutin, maka fungsi organ pencernaan akan semakin meningkat sehingga proses metabolisme dapat berjalan lancar. Berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, diare dan radang usus pun dapat dicegah dengan daun cempaka putih tersebut.

13. Mencegah Mual

Mual dapat terjadi karena adanya gangguan pada lambung, masuk angin  atau gangguan pada organ pencernaan. Rasa mual dapat membuat perasaan sangat tidak nyaman dan terkadang bisa menimbulkan pusing yang menambah kondisi semakin parah. Jika mual sering terjadi dan berlangsung cukup lama, sebaiknya atasi sesegera mungkin agar kita tidak terus menerus menahan rasa tidak nyaman tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan daun cempaka putih, sehingga gejala mual dapat segera hilang.

14. Sebagai Anti Inflamasi

Daun cempaka putih dapat mengatasi berbagai peradangan di dalam tubuh, karena daun tersebut mengandung berbagai senyawa yang bersifat anti inflamasi. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun cempaka putih maka tubuh akan terasa bugar, dan setiap peradangan atau nyeri dalam tubuh dapat teratasi. Untuk mendapat manfaat tersebut tentunya tidak bisa hanya dengan mengkonsumsinya sekali saja, namun harus dilakukan secara rutin.

15. Mengatasi Radang Sendi

Radang sendi yang umumnya dirasakan oleh orang dewasa dan lanjut usia juga sangat menyiksa dan seringkali dapat mengganggu aktivitas harian. Peradangan pada sendi terkadang diakibatkan berbagai faktor salah satunya reumatik yang menyerang bagian persendian di bagian kaki. Untuk mengatasi masalah tersebut memang bisa dengan menggunakan obat kimia, namun tidak ada salahnya menggunakan bahan yang alami sehingga lebih aman dan tanpa efek samping. Daun cempaka putih dapat dapat diandalkan untuk mengatasi masalah tersebut.

16. Mengatasi Pembesaran Prostat

Pada pria, masalah pada prostat seringkali menyebabkan gangguan pada organ reproduksi, sehingga masalah ini sebaiknya segera diatasi sebelum semakin parah. Salah satu penyakit yang sering menyerang kelenjar prostat adalah pembesaran prostat, dan umumnya perlu dilakukan tindakan operasi untuk mengatasinya. Jika ingin menghindari operasi, bisa dengan menggunakan daun cempaka putih yang berkhasiat untuk menyehatkan kelenjar prostat.

17. Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing bisa terjadi akibat berbagai faktor, namun umumnya infeksi bakteri menjadi penyebab utamanya. Infeksi saluran kencing yang tidak segera diobati dapat menyebabkan gangguan pada ginjal sehingga masalah ini harus segera diobati. Konsumsi air rebusan daun cempaka putih maka infeksi saluran kencing akan berangsur pulih.

18. Membantu Mengatasi Bronkhitis

Satu lagi masalah pada organ pencernaan yang sering dialami banyak orang, yaitu bronchitis yang sering menyebabkan sesak napas. Bronchitis dapat menyerang siapa saja, terutama orang yang imunitasnya sedang menurun. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi parasit dan butuh pengobatan intensif agar dapat sembuh. Namun tidak perlu khawatir, karena daun cempaka putih pun dapat membantu meredakan gejalanya jika diminum secara rutin.

19. Menurunkan Demam

Saat suhu tubuh naik dan mengalami demam, orang-orang cenderung segera pergi ke pusat pelayanan kesehatan demi mendapatkan obat. Padahal obat herbal pun dapat mengatasi demam secara alami, seperti halnya daun cempaka putih. Cukup dengan meminum air rebusannya yang dilakukan secara teratur maka demam akan segera reda.

20. Melancarkan Buang Air Kecil

Terkadang karena telalu menahan kencing, air seni justru tidak dapat dikeluarkan dengan lancar dan hal ini tentu akan menimbulkan rasa sakit. Untuk mengatasinya, segera minum air rebusan daun cempaka putih yang dapat melancarkan buang air kecil secara alami.

Nah, itulah manfaat daun cempaka putih untuk kesehatan tubuh yang tidak terduga. Indonesia sangat kaya dengan keanekaragaman tumbuhan, dan hampir semuanya memiliki manfaat untuk kesehatan kita. Karena itu tidak salah jika kita kembali menggunakan obat dari bahan alami seperti daun cempaka putih yang lebih minim efek samping dan memiliki banyak manfaat.

The post 20 Manfaat Daun Cempaka Putih Untuk Kesehatan Tubuh appeared first on Manfaatsehat.id.



from Manfaatsehat.id http://ift.tt/2DDV8IF
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()