Search here and hit enter....

Bayi Sering Melihat Keatas Ada Yang Dia Lihat ? Jangan Percaya Mitos

Sudah baca artikel kami lainnya yang berjudul 4 Tips Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Pada Anak ? Jika belum silahkan dibaca dulu ya.

Pernah dengar mitos bayi yang sering melihat keatas maka ada makhluk halus yang dilihat oleh bayi tersebut dan seolah menakutinya ? Jika iya maka anda sama seperti saya. Dilingkungan saya banyak orang meyakini mitos tersebut namun sebagai orang yang lahir di zaman modern tentu saya tidak percaya begitu saja, saya pun mencoba mencari kesana kemari untuk mengetahui fakta dari bayi yang sering melihat keatas. Kebetulan saya baru saja memiliki anak pertama dan anak saya sering sekali melakukan kebiasaan tersebut.

Menurut mitos atau orang tua dulu, bayi yang masih berumur kurang dari 40 hari punya indra ke 6, ia mampu melihat serta merasakan hal mistis dan makhluk halus yang ada disekitarnya. Itulah sebabnya mereka banyak yang melarang kalau bayi keluar rumah pada malam hari karna akan ada makhluk halus yang menjahili. Bahkan mereka berpendapat makhluk halis sangat menyukai bayi karna darah bayi dianggap sangat segar.

Saya tidak mengatakan kalau pendapat itu salah, saya menghargai pendapat mereka terutama mereka jauh lebih dulu lahir dibandingkan saya serta pengalaman mereka tentu jauh lebih banyak dari saya. Tapi pendapat seperti itu tampaknya tak bisa diterima oleh akal sehat, khususnya sebagaimana yang sering saya alami beberapa hari terakhir yang membuat saya sangat penasaran.

Bayi Sering Melihat Keatas Ada Yang Dia Lihat ? Jangan Percaya Mitos

Bayi Sering Melihat Keatas Ada Yang Dia Lihat ? Jangan Percaya Mitos

Alasan Bayi Sering Melihat Keatas Dimalam Hari

Bayi yang menyungak atau sering melihat ke arah atas dianggap salah satu dari mitos yang dikaitkan dengan hal mistis. Memang saat saya perhatikan sejauh ini terutama dimalam hari memang anak saya sering melihat keatas tanpa sebab yang jelas. Bahkan ketika saya ajak main untuk mengalihkan pandangannya pun ia seolah menghiraukan dan asyik pada posisi tersebut. Pernah suatu hari dia kembali mengulangi rutinitas tersebut tengah malam sekitar pukul 1 Wib sambil menangis kencang tak henti henti membuat semua orang dirumah terbangun dan was was akan kejadian tersebut.

Karna ketidakpuasan akan hal mistis yang diutarakan tadi, maka saya coba mencari dan mengumpulkan informasi terkait hal ini. Ternyata bayi sering melihat keatas adalah rutinitas yang memang wajar dilakukan oleh bayi. Menurut para ahli, bayi yang masih berumur kurang dari 2 bulan belum memiliki pandangan yang jelas dan hanya sekitar 0,5 m jauhnya. Ia hanya mampu membedakan gelap dan terang saja, perilaku sering melihat keatas itu adalah reflek bayi untuk menghindari silau karna mata bayi belum mampu melawannya.

Lalu untuk membuktikannya maka saya coba melakukan percobaan, saat disiang hari saya coba sedikit hindari silau matahari dari kamar sehingga tidak ada silau yang masuk kedalam kamar. Hasilnya memang benar anak saya tidak melihat keatas seharian, namun yang semakin menguatkan saya adalah saat malam hari tentu lampu rumah kita menimbulkan cahaya yang membuatnya silau, ia kembali melakukan rutinitas melihat keatas. Lalu saya coba menutupi matanya dari cahaya langsung lampu rumah menggunakan tisu dengan jarak sekitar 5cm, dan anak saya merubah posisi matanya sehingga tidak lagi melihat keatas.

Dari sini terbukti bahwa benar bayi yang sering melihat keatas adalah hal wajar yang memang dialami oleh semua bayi, itu merupakan refleks yang dilakukan bayi untuk menghindari kesilauan cahaya.

Saya tidak menyalahkan orang tua dulu yang mengatakan mitos dan mengaitkan hal tersebut dengan hal mistis, namun dizaman modern seperti sekarang ini apalagi kita adalah orang yang berpendidikan jangan terlalu percaya hal seperti itu apalagi menanamkan fikiran yang sama kepada anak kita kelak. Makhluk halus memang ada, biarkan dia hidup dialam mereka dan kita hidup dialam kita tanpa saling mengusik satu sama lain.

Itulah tadi artikel tentang alasan bayi sering melihat keatas, kami juga ada artikel menarik lainnya yaitu 5 Tips Rahasia Cara Mendidik Anak Yang Baik & Benar, silahkan dibaca ya dan semoga bermanfaat terimakasih.

The post Bayi Sering Melihat Keatas Ada Yang Dia Lihat ? Jangan Percaya Mitos appeared first on PortalRemaja.Co.Id.



from PortalRemaja.Co.Id http://ift.tt/2tKVGIs
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()