Search here and hit enter....

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantung

HarianSehat.Com – Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantung, Yoga adalah salah satu cabang olahraga yang mengutamakan gerakan tubuh dan pernapasan untuk mencapai tujuan. Biasanya gerakannya tidak terlalu berat, namun lebih kepada keseimbangan dan kelenturan. Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa olahraga ini memiliki banyak sekali manfaat dan salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung, sekaligus mengurangi risiko penyakit yang mungkin menyerang.

Yoga bisa dijadikan sebagai salahsatu alternatif berolahraga bagi Anda yang malas dengan beban-beban yang berat. Seperti yang diketahui bahwa Yoga memiliki banyak manfaat sehingga pria maupun wanita sekarang bayang yang melakukan Yoga demi menjaga kesehatan tubuhnya.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Jantung

Gambar Ilustrasi

Yoga merupakan salahsatu seni, namun bukanlah seni biasa. Yoga merupakan seni spiritual, olah fisik dan juga jiwa. Biasanya yang diinginkan oleh orang-orang yang melakukan Yoga adalah kesehatan dan kebugaran tubuh, namun Yoga secara tradisional memiliki tujuan untuk kebahagiaan dan salahsatu dari kebahagiaan tersebut adalah memiliki kesehatan yang baik termasuk kesehatan jantung.

Untuk lebih mengenal mengenai manfaat yoga untuk kesehatan jantung, Anda dapat menyimak pembahasan berikut ini.

1.) Meningkatkan aktivitas fisik
Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association (AHA), salah satu penyebab penyakit jantung paling signifikan adalah aktivitas fisik. Namun begitu, dalam studi lainnya disebutkan bahwa faktor aktivitas yang benar dapat berimbas sebaliknya, yaitu menjaga kesehatan jantung.

Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian, dimana orang yang rutin melakukan yoga memiliki tubuh yang lebih bugar, sekaligus memiliki kesehatan jantung yang baik. Selain itu, dalam sebuah jurnal yang dibuat pada tahun 2012 disebutkan bahwa, studi menyatakan, peserta uji coba yang sebelumnya tidak pernah aktif ada di kelas yoga, kemudian secara rutin melakukan yoga sebanyak dua kali dalam seminggu memiliki fisik yang aktif dan jantung yang sehat.

Rekomendasi dari AHA sendiri menyatakan bahwa aerobik ataupun yoga dapat dilakukan selama 30 menit, lima hari dalam seminggu untuk menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya sebanyak dua hari dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat kesehatan lainnya.

2.) Membantu mengelola stres
Manfaat yoga untuk kesehatan jantung selanjutnya adalah menjaga tubuh dari serangan stres. Kita tahu bahwa stres memiliki kontribusi yang tinggi terhadap perkembangan penyakit jantung.

Dengan melakukan yoga, Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit kognitif, seperti depresi, stres dan rasa cemas. Hal tersebut juga dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Kanada. Bahkan, seorang ahli jantung bernama Joel Kahn, MD mengatakan bahwa stres berhubungan dengan pernafasan. Secara tidak langsung Kita tahu bahwa semua gerakan yoga membutuhkan pengaturan nafas yang konsisten.

3.) Menurunkan tekanan darah
Menurunkan tekanan darah adalah satu lagi manfaat yoga untuk kesehatan jantung. Hal tersebut dibuktikan oleh 2.014 ulasan studi ilmiah yang menyatakan bahwa yoga memainkan peran untuk mengelola hipertensi. Robert Ostfeld, MD, seorang ahli jantung mengatakan bahwa hubungan antara hipertensi dan yoga berkutat pada kombinasi pengurangan stres dan kebugaran tubuh.

4.) Meningkatkan kapasitas aerobik dan daya tahan kardiovaskular
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap para pasien gagal jantung, disebutkan bahwa kebanyakan dari Mereka yang mengikuti secara rutin aktivitas yoga memiliki peningkatan kapasitas aerobik sebanyak 22 persen. Selain itu, dalam penelitian tersebut juga disinggung mengenai penurunan peradangan pada jantung, peningkatan fleksibilitas, ketahanan kardiovaskular dan kualitas hidup pasien.

5.) Menjaga keteraturan detak jantung
Manfaat yoga untuk kesehatan jantung yang dapat Anda dapatkan selanjutnya berkaitan dengan detak jantung. Ketika detak jantung mengalami kelainan atau abnormal, seperti atrial fibrillation atau afib, maka risiko terkena stroke dan komplikasi sangatlah tinggi. Sedangkan pada penelitian lainnya disebutkan bahwa sekitar 49 pasien afib yang berlatih yoga memiliki penurunan risiko. Selain itu, dalam penelitian lainnya disebutkan bawa seorang praktisi yoga memiliki detak jantung yang teratur dan tekanan darah yang lebih rendah.

6.) Mencegah depresi dan meningkatkan rasa sosial
Dengan berpartisipasi mengikuti komunitas yoga, orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung akan terhindar dari depresi. Hal tersebut sebenarnya lebih kepada mematikan rasa isolasi sosial, sehingga perasaan pasien lebih tenang meskipun Mereka tahu bahwa penyakit yang dialami amatlah berat.

Kesimpulan
Beberapa manfaat yoga untuk kesehatan jantung di atas mungkin sudah dirasa cukup untuk memacu keinginan Anda untuk mulai mengikuti kelas yoga. Namun begitu, Anda harus memperhatikan bahwa yoga memiliki jenisnya masing-masing dan setiap jenis memiliki fokus utama yang berbeda.

Baca juga : Gejala Awal Penyakit Lemah Jantung

Setidaknya ada tiga jenis utama dari olahraga yoga dan diantaranya adalah Hatha yoga, dimana gerakannya lebih kepada bentuk tradisional yang mengutamakan kelembutan, meditasi dan latihan pernapasan. Jenis yang kedua bernama Vinysa, dimana yoga digunakan sebagai latihan fisik yang berfokus pada pernapasan dan gerakan. Sedangkan jenis yang terakhir adalah Hot yoga, dimana Anda akan diajak melakukan olahraga tersebut di dalam ruangan berusuhu cukup panas, sekitar 105 derajat. Yoga jenis terakhir ini tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, terlebih bagi pasien penyakit jantung tingkat lanjut.

Jika Anda ingin melakukan Yoga apalagi sebagai pemula yang baru belajar yoga, carilah guru Yoga yang profesional agar Anda dapat melakukan yoga dengan baik dan benar sehingga manfaat untuk kesehatan tubuh menjadi lebih terasa. Selain yoga, untuk mendukung kesehatan jantung Anda, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan menjaga pola hidup sehat lainnya. Semoga artikel manfaat yoga bagi kesehatan jantung ini bisa bermanfaat bagi para pembaca situs kesehatan HarianSehat.Com Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam sehat!


Harian Sehat - Daily Health News

The post Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantung appeared first on Harian Sehat.



from Harian Sehat http://ift.tt/2juEEZq
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()