Search here and hit enter....

Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan – Tentu sebagai Orang Asia Tenggara Anda sudah mengenal baik dengan salahsatu bumbu penyedap masakan ini. Bawang merah dengan nama latin (Allium cepa L) merupakan salahsatu bumbu penyedap yang biasa digunakan oleh banyak orang di daerah asia tenggara. Bawang merah ini biasanya dimanfaatkan sebagai rempah pada masakan yaitu bagian umbinya dijadikan sebagai bawang goreang atau juga daunnya dalam penyedap masakan. Orang jawa biasanya menyebut bawang merah ini dengan nama brambang. Memiliki aroma yang tajam namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Bawang Merah

Kandungan nutrisi yang ada didalam bawang merah mampu mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Didalam bawang merah terdapat beberapa kandungan nutrisi diantaranya bawang merah ini memiliki Andti-oksidan, mineral dan juga vitamin. Disamping itu bawang merah memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri dan juga anti-jamur. Kandungan kalori yang terdapat dalam bawang merah juga rendah. Sehingga dengan banyaknya kandungan nutrisi pada bawang merah, salahsatu jenis umbi lapis ini baik untuk dikonsumsi.

Manfaat Bawang Merah

Gambar Ilustrasi Artikel : Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Mungkin Anda juga pernah menjumpai kakek atau nenek Anda mengkonsumsi bawang merah, biasanya mereka mengkonsuminya dengan cara langsung dimakan mentah atau diiris terlebih dahulu kemudian dimakan. Seperti halnya dengan bawang putih, bawang merah juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui.

Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Anda dapat membaca dan mengetahui lebih lengkap uraian dibawah ini akan menjelaskan manfaat bawang merah tersebut :

1.) Menurunkan Gula Darah
Ada beberapa nutrisi yang terkadnung dalam bawang merah, seperti antivirus, anti-bakteri dan anti jamur. Selain itu bawang merah juga memiliki kandungan anti-oksidan, beberapa mineral dan juga vitamin. Khasiat bawang merah juga salahsatunya adalah dapat menrunkan kadar gula darah yang ada pada tubuh penderita diabetes.

2.) Mengurangi Kolesterol
Didalam bawang merah juga terkandung Allicin yang memiliki manfaat sebagai penurun Kolesterol yang ada didalam tubuh. Tekanan darah tinggi dapat dibantu diturunkan dengan menggunakan bawang merah ini, selain itu mungkin bagi Anda yang sedang melakukan diat bisa mengkonsumsi tambahan menu bawang merah ini karena bawang merah hanya mengandung sedikit kalori.

3.) Menymbuhkan Sembelit
Didalam pencernaan mungkin saja ada racun atau makanan dengan partikel keras yang terjebak didalamnya, bawang merah bisa mengatasi hal seperti ini. Anda bisa mengkonsumsi bawang merah, jika Anda merasakan sakit sembelit.

4.) Melindungi Jantung
Selain manfaat bawang merah yang dapat mengontrol kolesterol tubuh, dengan mengkonsumsi bawang merah Anda bisa melindungi jantung Anda dari resiko Penyakit Jantung. Disamping iut juga dapat membuka arteri yang tersumbat dalam tubuh.

5.) Mencegah Kanker
Bawang merah juga mengandung vitamin salahsatunya vitamin A, yang memiliki manfaat sebagai pencegahan perkembangan kanker ronggam mulut. Selain itu bawang merah juga dapat mencegah terjadinya kanker hati dan menghancurkan sel-sel kanker yang ada. Disamping itu bawang merah juga dapat membantu dalam mengatasi kemungkinan terjadinya kanker perut.

6.) Mengatasi Sengatan Serangga
Sengatan Serangga biasanya menyebabkan rasa sakit atau gatal, ternyata bawang merah juga bisa mengatasi hal-hal tersebut seperti bekas gigitan nyamuk, sengatan tawon, lebah dan serangga lainnya selain itu dapat meredakan rasa sakit yang ditimbulkan dari sengatan tersebut

7.) Menjaga Kekebalan Tubuh
Dengan menggunakan madu dengan jus dari bawang merah sekitar satu sendok teh kemudian dikonsumsi dengan teratur, bisa mengatasi berbagau penyakit pilek, sakitpada tenggorokan, influenza, pilek bahkan bronkhitis. Selain itu bisa juga mencairkan dahak pada tenggorokan Anda.

8.) Kesehatan Rambut
Selain untuk tubuh, bawang merah juga bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut dan mengatasi masalah pada kepala Anda seperi ketombe. Caranya bisa menggunakan jsu bawang merah yang digunakan setiap hari secara teratur dalam waktu tertentu sehingga rambut Anda dapat tumbuh dengan sehat dan juga dapat mengatasi ketombe pada kepada Anda.

9.) Memperlambat Pikun
Khasiat Bawang Merah lainnya didapatkan dari bawang merah yaitu dapat membantu dalam mengefktifkan kinerja otak dan bermanfaat bagi pencerita alzheimer, selain itu jika persentasi resiko osteoporosis pada seseorang dapat dikurangi sekitar 20% dengan menggunakan bawang merah, selain itu dapat membuat kulit Anda lebih cantik.

10.) Mengobati Jerawat
Beberapa sifat yang dimiliki oleh bawang merah adalah anti-inflamasi dan juga anti-bakteri yang berkhasiat dalam mengatasi jerawat Anda. Dengan menggunakan bawang merah Anda bisa menghentikan timbulnya peradangan pada bagian jerawat Anda, selain itu dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat dan dapat menyembuhkan bekas jerawat pada kulit Anda.

Diatas hanya beberapa dari Manfaat Bawang Merah yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, masih banyak manfaat lain dari bawang merah ini karena kandungan berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya bermacam-macam. Selain bermanfaat dalam mengatasi dan mencegah berbagai penyakit, bawang merah juga dapat merawat kecantikan kulit tubuh Anda sehingga Anda tetap memiliki badan yang bugar.

Manfaat dan Khasiat Bawang Merah

Meskipun banyak khasiat bawang merah bagi kesehatan, tentu saja Anda tidak boleh melupakan faktor lainnya sebagai pendukung kesehatan tubuh Anda. Banyak faktor yang membuat orang tetap dalam keadaan sehat selain dari makanan, seperti olahraga dengan teratur, dan juga istirahat dengan teratur agar tubuh dapat tetap dalam keadaan bugar dalam menjalankan berbagai aktivitas. Semoga bermanfaat terimakasih telah membaca artikel manfaat dan khasiat bawang merah untuk kesehatan di situs HarianSehat.Com.. tetap jaga kesehatan Anda..


Harian Sehat - Daily Health News

The post Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan appeared first on Harian Sehat.



from Harian Sehat http://ift.tt/2lf3Y75
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()