Search here and hit enter....

22 Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Dewa – Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah kenal dengan yang namanya tanaman daun dewa. Daun dewa kerap dijadikan tanaman hias di halaman rumah, selain karena bunganya yang indah daun dewa ternyara juga memiliki banyak manfaat yang tidak terduga. Daun dewa memberikan banyak khasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan sehingga tanaman ini sering dibudidayakan untuk diambil manfaatnya tersebut. Daun dewa yang berasal dari genus Gynura ini memiliki tepi daun yang bergerigi dan ukurannya panjang dengan ujung daun lancip. Umumnya daun dewa mudah ditemukan di wilayah dengan ketinggian 200-800 mdpl.

Pemanfaatan daun dewa sebagai obat tradisional memang sudah dilakukan sejak lama, bahkan tanaman ini dikenal mampu melawan penyakit kanker dan tumor yang merupakan penyakit mematikan. Manfaat tersebut diperoleh berkat kandungan berbagai senyawa dalam daun dewa antara lain flavonoid, tannin, saponin, minyak atsiri, polifenol, vanilat, sterol, alkaloid, triterpenoid, asam klorogenat, asam p-kumarat, asam p-hidroksi benzoate, dan nutrisi berupa vitamin K. Wah, siapa sangka tanaman yang mungkin sering kita abaikan ini mengandung banyak sekali senyawa penting yang terbukti mampu mengatasi berbagai macam penyakit.

manfaat daun dewa

Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah, setelah kita mengetahui apa saja senyawa yang terkandung dalam daun dewa, berikut ini akan dibahas apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan daun dewa sebagai obat tradisional dan ramuan kecantikan alami.

1. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi belakangan ini memang sangat meningkat jumlah penderitanya. Hal tersebut dikarenakan pola hidup yang semakin tidak sehat dan makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga kurang sehat. Masalah hipertensi ini sangat berbahaya jika dibiarkan bahkan dapat mengancam nyawa. Karena itu, minumlah air rebusan dari beberapa daun dewa secara rutin untuk menormalkan kembali tekanan darah. namun jangan sampai berlebihan karena justru dapat membuat tekanan darah menjadi rendah atau hipotensi.

2. Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes pun menjadi semakin tinggi jumlah penderitanya dari tahun ke tahun dikarenakan makanan yang banyak dijual sekarang ini mengandung banyak pemanis buatan. Apalagi banyak orang yang bekerja seharian tidak sempat berolahraga maka segala penyakit akan menumpuk di dalam tubuh. Untuk mengatasi penyakit diabetes, usahakan untuk mengkonsumsi air rebusan daun dewa secara rutin. Sifat hipoglikemin dalam daun dewa akan menurunkan kadar glukosa dalam darah sehingga tidak berlebihan.

3. Mengatasi Penyakit Stroke

Penyakit stroke merupakan salah satu dampak dari tingginya tekanan darah seseorang dan kadar kolesterol dalam tubuhnya. Stroke menyerang saraf sehingga tidak mampu dikoordinasikan dan membuat sebagian tubuh penderitanya menjadi kaku atau lumpuh. Sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya mulai hidup sehat dan rutin konsumsi air rebusan daun dewa agar aliran darah menjadi lancar dan tidak terjadi penyumbatan pembuluh darah di otak.

4. Meredakan Gejala Reumatik

Penyakit reumatik yang menyerang sebagian besar orang dewasa dan lanjut usia umumnya dikarenakan otot dan persendian mengalami penumpukkan lemak sehingga sendi terasa sakit saat digerakkan atau sedang beraktivitas. Nah, agar gejala reumatik berkurang cobalah untuk merebus beberapa lembar daun dewa dan minum air rebusannya tersebut secara teratur. Dalam beberapa hari, reumatik akan perlahan semakin mereda.

5. Mengobati Penyakit jantung

Kondisi yang menyebabkan jantung mengalami gangguan umumnya dikarenakan kolesterol yang tinggi atau tekanan darah yang tinggi. Kondisi tersebut membuat pembuluh darah tersumbat hingga membuat jantung bekerja keras untuk mempompa darah. Jika tekanan yang diberikan cukup besar maka pembuluh darah bisa rusak bahkan mengganggu fungsi jantung. Untuk mencegah agar masalah pada jantung tidak semakin parah bahkan berangsur sembuh, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun dewa secara rutin.

6. Mengobati Luka

Jika Anda pernah mengalami luka baik luka gores, luka memar maupun luka bakar, tidak perlu terburu-buru mencari salep ke apotik. Daun dewa dapat digunakan untuk mengobati luka tersebut secara alami dan cara menggunakannya pun cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun dewa dan tumbuk hingga halus, kemudian tempelkan pada luka. Lakukan hingga 3 kali sehari agar luka dapat segera sembuh.

7. Membantu Mengatasi Kanker

Penyakit kanker menjadi penyakit paling ditakuti di dunia, karena penyakit ini sangat mematikan dan sulit diobati. Di samping pengobatan secara medis, penyakit kanker pun bisa diatasi dengan bantuan obat herbal berbahan dasar alami seperti daun dewa. Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun dewa setiap hari, maka aktivitas sel kanker dapat ditekan sehingga proses penyembuhan pun bisa lebih cepat.

8. Mengatasi Pembengkakan pada Payudara

Pada wanita, masalah pada payudara memang kerap terjadi, baik pada masa pubertas, menstruasi, menopause, hamil dan menyusui. Rasa sakit yang ditimbulkan membuat payudara tidak nyaman dan akan semakin bertambah parah jika tidak diobati. Karena itu, manfaatkan daun dewa dengan merebus beberapa lembar saja dan minum air rebusannya secara rutin. Secara perlahan rasa sakit akibat pembengkakan atau pendarahan pada payudara akan menghilang.

9. Mengobati Penyakit Ganglion

Ganglion bisa dibilang sejenis tumor yang sering muncul pada tangan atau kaki akibat aktivitas sel dan saraf yang berlebihan. Gangguan ini memang umumnya tidak begitu berbahaya, namun jika dibiarkan lama kelamaan dapat berubah menjadi kanker yang mematikan. Segera atasi penyakit tersebut dengan mengkonsumsi air rebusan daun dewa setiap hari, agar ganglion tersebut dapat mengecil dan akhirnya dapat disembuhkan.

10. Mengatasi Gigitan Hewan Buas

Secara tidak sadar terkadang kita dapat diserang hewan buas hingga tergigit, dan tentu saja bekas gigitan tersebut sangat sakit. Belum lagi jika terdapat bisa pada bekas gigitan tersebut tentu dapat membuat kita panik. Solusinya, cobalah untuk mencari daun dewa dan tumbuk hingga halus lalu balurkan pada bekas gigitan tersebut. Rasa sakit akan berangsur hilang dan bisa segera sembuh.

11. Mengobati Penyakit Kutil

Kulit termasuk jenis penyakit kulit yang bisa disebut juga papiloma atau tumor jinak pada kulit. Sebenarnya kutil tidak berbahaya namun dapat membuat penampilan menjadi terganggu sehingga seringkali membuat orang tidak nyaman. Untuk mengatasinya, gunakan daun dewa yang dapat menghilangkan kutil secara alami. Cukup dengan memotong atau menumbuknya hingga halus lalu tempelkan pada kutil setiap hari.

12. Membantu Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah dapat menjadi wabah dan sangat mudah menular, dan jika sampai menyerang manusia dapat menyebabkan kematian karena terlambat mendapat penanganan. Salah satu cara untuk mengobati demam berdarah secara alami adalah dengan memanfaatkan daun dewa yang sangat terjangkau. Cukup dengan meminum air rebusannya 2 kali sehari hingga demam berdarah dapat disembuhkan.

13. Mengatasi Kejang

Anak-anak umumnya sangat rentan mengalami kejang apalagi jika suhu tubuhnya sedang tinggi. Kejang dapat mempengaruhi perkembangan saraf sehingga sebaiknya segera diatasi sebelum menjadi semakin parah. Cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan dari batang daun dewa yang dimemarkan. Minum secara rutin agar kejang pada anak dapat dihentikan.

14. Mengatasi Batuk dan Muntah Darah

Penyakit batuk memang cukup menyiksa dan terkadang dapat menyebabkan penyakit semakin parah. Batuk dan muntah darah menunjukkan adanya gangguan pada paru-paru sehingga hal ini perlu segera diatasi sebelum terlambat. Konsumsi air rebusan daun dewa 2-3 kali sehari masing-masing setengah gelas, dan perhatikan perubahan yang terjadi dalam beberapa hari.

Baca juga : manfaat beras merah, manfaat daun cempaka putih, manfaat daun binahong, manfaat daun alpukat

15. Mengatasi Masalah Wasir

Masalah kesehatan seperti wasir pun dapat terjadi dan menyerang hingga sebagian besar orang karena pola makan yang dijalani setiap hari. Wasir yang merupakan dampak dari pencernaan yang bermasalah harus segera diatasi karena jika lama dibiarkan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan organ pencernaan. Biasakan untuk mengkonsumsi bauh dan sayur serta ramuan daun dewa untuk memperlancar proses pencernaan sehingga masalah wasir dapat segera diselesaikan.

16. Mengatasi Keseleo

Keseleo dapat terjadi kapan saja saat kita beraktivitas, dan rasa sakit yang timbul sangat menyiksa hingga dapat menghambat seseorang melakukan aktivitas. Jika Anda mengalami keseleo segera atasi dengan memanfaatkan daun dewa. Anda bisa merebusnya bersama dengan temulawak kemudian air rebusannya diminum secara teratur 2 kali sehari hingga keseleo dapat disembuhkan.

17. Mengatasi Haid yang Tidak Lancar

Masalah haid yang tidak lancar pada wanita memang sering terjadi baik karena perubahan hormon, stres atau gangguan kesehatan lainnya. Untuk membantu melancarkannya, cobalah mengkonsumsi air rebusan daun dewa secara rutin. kandungan senyawa dalam daun dewa dapat menstabilkan hormon sehingga haid kembali teratur.

18. Menyamarkan Flek Hitam

Bagi wanita, masalah flek hitam di wajah sangat mengganggu dan merusak penampilan, sehingga masalah ini harus segera diatasi. Daripada menggunakan krim berbahan kimia, tidak ada salahnya mencoba daun dewa yang ditumbuk halus lalu ditempelkan pada kulit yang terdapat flek hitam. Jika dilakukan secara teratur dan rutin, flek hitam akan pudar dan lama-kelamaan menghilang.

19. Mengatasi Masuk Angin

Masalah kesehatan seperti masuk angin juga sering menyerang banyak orang baik anak-anak hingga orang dewasa. Untuk mengatasinya secara alami, gunakan umbi daun dewa yang direbus lalu minum air rebusan tersebut 2 kali sehari agar masuk angin segera mereda. Jika masuk angin dibiarkan, dapat menyebabkan perut begah dan sesak napas sehingga dapat mengganggu aktivitas dan kenyamanan seseorang.

20. Menghilangkan Jerawat

Jika Anda memiliki masalah jerawat, jangan panik apalagi sampai ingin memencetnya. Cobalah gunakan daun dewa sebagai krim anti jerawat alami, dengan cara menumbuknya hingga halus dan tempelkan pada jerawat. Lakukan 3 kali sehari sampai jerawat menghilang.

Artikel manfaat lainnya :

21. Menghaluskan Kulit

Meski tidak begitu terkenal, ternyata daun dewa juga dapat membantu menghaluskan kulit bahkan menyamarkan tanda-tanda penuaan. Gunakan daun dewa sebagai masker harian dengan menghaluskannya dan meratakannya pada wajah.

22. Mengobati Herpes

Siapa sangka daun dewa juga dapat dimanfaatkan dalam mengobati penyakit herpes. Kandungan senyawa di dalamnya mampu menghambat virus herpes menggandakan diri dalam tubuh manusia sehingga penyakit tersebut dapat segera disembuhkan.

Nah, itulah manfaat daun dewa untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat luar biasa. Jika kita bisa memanfaatkan tanaman sebagai obat tradisional, tentu akan lebih bermanfaat karena efek samping yang ditimbulkan sangat kecil. Jangan lupa menggunakannya secara rutin agar manfaatnya dapat segera dirasakan.

The post 22 Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan appeared first on Manfaatsehat.id.



from Manfaatsehat.id https://ift.tt/2quXOnA
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()