Search here and hit enter....

15 Cara Efektif Untuk Menghilangkan Ketombe Di Kepala

Memiliki rambut yang lebat, hitam dan halus adalah impian bagi setiap orang karena rambut sering dikatakan sebagai mahkota, terutama bagi perempuan. Tapi bagaimana jika ada ketombe di tengah-tengah hitamnya rambut. Pastinya penampilan sempurna kamu akan rusak dan tidak jarang membuat banyak orang merasa kurang percaya diri.

Pengertian Ketombe

Sumber: www.healthline.com

Ketombe atau dandruff merupakan serpihan berukuran kecil dengan warna keabu-abuan atau putih yang mengelupas dan menempel pada rambut atau kulit rambut sehingga jika terjatuh akan terlihat di bahu. Meskipun masalah ini tidak menular dan jarang terjadi masalah serius dari ketombe, tapi kondisi ini sering menyebabkan penderitanya merasa kurang percaya diri karena ternyata ketombe menjadi salah satu masalah pada kulit kepala yang sulit untuk ditangani. Banyak orang yang mengira bahwa ketombe muncul karena ada masalah dengan rambut atau berapa kali kita melakukan keramas. Jika kamu adalah salah satu orang yang mengalami masalah kulit kepala ini, maka tidak perlu khawatir karena semua itu akan ada solusinya.

Penyebab Munculnya Ketombe

Sumber: www.antidandruff.net

Serpihan putih atau ketombe ini bisa terjadi pada siapa saja sehingga kita harus senantiasa menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala agar tidak menyebabkan masalah ketombe seperti ini. Meskipun masalah yang dihadapi sama, tapi penyebab terjadinya ketombe dapat berbeda-beda. Setiap penyebab memberikan masalah ketombe dengan keparahan yang berbeda-beda. Sebelum mencari solusi atau cara untuk menghilangkan ketombe maka ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya sehingga bisa dipilih cara pengobatan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya ketombe di kulit kepala:

1. Kulit kering

Kulit kepala yang kering akan menjadi tempat yang nyaman bagi ketombe untuk muncul. Meskipun dapat menyebabkan ketombe tapi masalah ketombe yang diakibatkan oleh keringnya kulit kepala ini tidaklah lebih besar dibanding kondisi lainnya. Sebenarnya kamu bisa melihat lebih dini apakah kulit kepalamu kering atau tidak dari kondisi kulit lain, seperti kulit di tangan ataupun kaki sehingga bisa dilakukan cara menghilangkan ketombe secepatnya.

2. Iritasi dan dermatitis seboroik atau kulit berminyak

Ketombe juga sering muncul karena adanya kondisi seperti ini. Gejala yang bisa terlihat adalah kulit berminyak dengan warna merah dan sisik kekuningan atau serpihan kulit putih. Dermatitis seboroik dapat mempengaruhi daerah tubuh lain yang mengandung kelenjar minyak banyak, seperti hidung bagian samping, selangkangan, alis mata, tulang dada dan ketiak.

3. Jarang keramas

Keramas adalah salah satu cara untuk membersihkan rambut dan juga kulit kepala dari bakteri ataupun jamur. Ketika kita malas untuk mencuci rambut atau keramas maka sel kulit dan minyak di kepala akan menumpuk sehingga muncullah yang namanya ketombe. Jadi, untuk mencegah timbulnya ketombe kamu bisa melakukan keramas secara rutin dan dengan cara yang benar agar tidak menimbulkan masalah pada kulit kepala.

4. Eksema atau eksim

Hal ini diartikan sebagai peradangan kronis yang terjadi pada kulit. Eksim akan memunculkan serpihan putih yang disebut sebagai ketombe dan menimbulkan rasa gatal. Di Inggris, keadaan seperti ini sering dijumpai pada anak-anak. Data dari WHO mengatakan jika penyakit kulit ini sering terjadi pada anak-anak di berbagai negara berkembang. Tapi, sebenarnya semua orang bisa mengalami kondisi ini.

5. Proriasis

Sel kulit mati yang kasar dan kering menumpuk di kepala maka akan menyebabkan kulit menjadi bersisik dan hal inilah yang disebut sebagai prosiasis. Kondisi ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh merangsang banyak sel kulit untuk tumbuh di bagian-bagian tubuh, begitu juga di kulit kepala. Orang yang mengidap psoriasis akan cenderung mengalami ketombe.

6. Sensitif terhadap produk perawatan rambut

Perawatan rambut memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatannya agar tidak timbul masalah. Hanya saja, jika kita salah memilih produk perawatan rambut ini maka masalah justru akan datang, termasuk munculnya ketombe.

7. Infeksi jamur malasseiza

Biasanya malassezia hidup di kulit tanpa menimbulkan penyakit. Tapi apabila kondisi ini terus dibiarkan dan berkembang secara berlebih maka akan menyebabkan iritasi kulit kepala. Iritas ini kemudian menjadikan pertumbuhan sel kulit lebih cepat sehingga sel kulit yang berlebih akan mati dan menempel pada rambut. Serpihan ini kemudian jatuh di bahu sebagai ketombe.

Selain berbagai penyebab munculnya ketombe, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan produksi ketombe sehingga cara mengatasinya bisa dilakukan lebih intens dan benar. Berikut faktor-faktornya:

  1. Pria lebih mudah mengalami ketombe pada rambutnya karena pengaruh hormon yang dimiliki
  2. Pikiran tertekan atau stres mampu merangsang produksi ketombe
  3. Orang dengan usia dewasa sampai usia setengah baya lebih berisiko terkena ketombe
  4. Makanan yang membuat produksi ketombe dapat meningkat adalah makanan yang mengandung vitamin B, seng (Zn) atau lemak tertentu.
  5. Penyakit parkinson atau HIV meningkatkan risiko munculnya ketombe
  6. Perubahan cuaca
  7. Kulit kepala dan rambut berminyak

5 Bahan Shampo Untuk Menghilangkan Ketombe

Sumber: yashrihealthcarecentre.com

Memiliki ketombe di rambut memang dapat menjadi masalah besar jika hal ini terus dibiarkan. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena kemajuan teknologi sekarang ini membuat kita semakin mudah untuk menemukan cara yang tepat dan cepat. Penggunaan bahan kimia sebagai obat untuk menghilangkan ketombe di rambut bisa menjadi cara alternatif untuk dicoba. Cara menghilangkan ketombe membandel dengan bahan kimia harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Kita harus tahu jenis kulit kepala kita karena setiap jenis kulit memiliki perawatan yang berbeda-beda sehingga kita harus menyesuaikannya. Selain itu, ada baiknya jika kita mencari tahu terlebih dahulu mengenai bahan-bahan yang bisa dipilih beserta karakteristiknya sehingga kita akan lebih mudah untuk memilih yang tepat. Berikut ini adalah nama bahan kimia yang bisa kamu pilih:

1. Zinc pyrithione

Fungsi dari zat ini adalah membunuh jamur yang menjadi salah satu penyebab adanya ketombe. Zat ini termasuk dalam zat antibakteria sehingga mampu mengatasi dengan sasarannya adalah bakteri penyebab ketombe.

2. Salicylic acid

Zat ini sering disebut juga sebagai asam salisilat. Fungsinya adalah membantu membuang dan melembutkan kulit mati yang menumpuk di kulit kepala. Penumpukan kulit mati di kepala yang tidak segera dibuang akan berubah menjadi ketombe. Penggunaan zat ini mungkin dapat menyebabkan kulit kepala menjadi lebih kering sehingga disarankan untuk menggunakan conditioner atau pelembab rambut setelah menggunakan shampo ini.

3. Shampo berbahan ter

Bahan ter berguna untuk menghambat produksi sel kulit mati. Penggunaan shampo jenis ini dapat menyebabkan perubahan warna rambut, terlebih bagi kamu yang memiliki rambut berwarna terang.

4. Selenium sulfide

Bahan ini berguna untuk membantu mengurangi pertumbuhan jamur dan menghambat produksi sel kulit mati di kepala. Hanya saja, bagi kamu dengan rambut yang pernah menjalani perawatan kimia, seperti diwarnai maka tidak disarankan untuk menggunakan bahan ini.

5. Ketoconazole

Khasiat dari shampo untuk menghilangkan ketombe ini mungkin bisa dikatakan paling manjur sebagai obat antijamur. Jadi sebagian besar orang akan menempatkan zat ini sebagai pilihan terakhir ketika bahan lain tidak dapat membuahkan hasil.

10 Cara Alami Cegah Ketombe Muncul

Sumber: http://ift.tt/2sPzqPM

Perkembangan zaman membuat obat-obat ketombe bermunculan. Hanya saja, obat tersebut dibuat dengan bahan-bahan kimia sehingga akan menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita melakukan cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang lebih aman. Banyak bahan alami yang ada di sekitar kita dan menggunakannya untuk bahan ramuan terbebas dari masalah ketombe di rambut. Berikut ini adalah beberapa bahan alami dan cara penggunaannya:

1. Sari lemon

Lemon sudah sering digunakan dalam dunia kecantikan, terlebih untuk menjaga kulit agar tetap cerah dan halus. Selain itu, lemon juga bisa membantu menjaga pH kulit agar seimbang dengan tingkat keasaman yang dimilikinya sehingga pertumbuhan jamur di kepala akan segera dicegah dan ketombe bisa berkurang. Bahkan, lemon juga berfungsi sebagai agen anti jamur dan anti bakteri yang dapat membunuh jamur penyebab ketombe secara langsung. Cara menghilangkan ketombe:

  • Siapkan lemon 1 buah dan peras sarinya
  • Larutkan hasil perasan tersebut dalam segelas air
  • Basahi rambut terlebih dahulu
  • Tuangkan sari lemon tadi secara merata ke kepala
  • Tunggu sekitar 20 sampai 25 menit. Pada awal pemakaian mungkin kamu akan merasakan gatal tapi hal ini normal terjadi
  • Bilas dengan air bersih dan keramas menggunakan shampo.
  • Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai campurannya agar vitamin E yang diberikan dapat menjaga kesehatan kulit kepala.

2. Baking soda

Baking soda dapat digunakan sebagai bahan untuk scubbing kulit kepala. Hal ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit kepala yang sudah mati dan juga mengupasnya agar tidak menumpuk dan akhirnya membentuk ketombe. Tidak sampai situ saja, baking soda juga dapat mengganggu pertumbuhan jamur di kulit kepala dan mengurangi rasa gatal akibat adanya ketombe. Cara menghilangkan ketombe:

  • Basahi rambut terlebih dulu
  • Siapkan baking soda 1 sdm dan letakkan di tangan
  • Gosok-gosokkan baking soda pada kulit kepala secara lembut
  • Setelah selesai, bilas air kepala dan rambut dengan air bersih hingga tidak ada baking soda yang menempel di kepala

Pada awal pemakaian, baking soda akan membuat rambut kamu menjadi lebih kering tapi setelah beberapa minggu, maka kulit kepala akan kembali memproduksi minyak secara normal sehingga rambut akan menjadi lembut dan terhindar dari ketombe.

3. Cuka apel

Beberapa orang mungkin belum pernah tahu akan manfaat dari cuka apel untuk rambut. Namun, setelah adanya banyak penelitian yang membuktikan bahwa cukap apel mampu menghilangkan ketombe pada rambut kemudian semakin banyak orang yang menggunakannya sebagai obat ketombe secara alami. Larutan ini memiliki sifat asam sehingga akan mengubah pH kulit kepala agar tidak menjadi sarang jamur penyebab ketombe sehingga merupakan cara menghilangkan ketombe dengan cepat.

Selain itu, cuka apel juga mampu mencegah keringnya kulit kepala dan mengurangi rasa gatal pada kepala. Cara menghilangkan ketombe:

  • Siapkan botol semprotan yang besih dan kosong
  • Masukkan cuka apel sekitar 50ml ke dalam botol semprotan yang sudah disiapkan lalu campurkan dengan air bersih 50 ml.
  • Goyang-goyangkan botol tersebut agar tercampur rata
  • Semprotkan larutan tersebut ke seluruh kulit kepala
  • Bungkus rambut dengan handuk lalu diamkan 30 sampai 60 menit
  • Bilas rambut sampai besih
  • Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu hingga ketombe benar-benar bersih.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal sebagai bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah rambut dan kulit kepala, termasuk ketombe yang mengganggu penampilan. Minyak kelapa memiliki kandungan yang mampu membantu menghilangkan ketombe karena kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Kandungan vitamin E juga dapat menjaga kesehatan kulit kepala beserta rambut dan menutrisinya. Cara menghilangkan ketombe:

  • Siapkan minyak kelapa 1 sdm dan oleskan pada kulit kepala dengan kondisi rambut yang kering
  • Ratakan olesan tersebut dengan melakukan pemijatan lembut pada kulit kepala
  • Tunggu sekitar 30 sampai 60 menit agar kandungan minyak dapat meresap dengan baik
  • Bilas rambut dengan keramas seperti biasa

5. Aloe vera

Lidah buaya memang sudah dikenal sejak dulu dalam menjaga kesehatan rambut, termasuk untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Lidah buaya akan mengangkat sel kulit mati pada kepala dan membunuh jamur yang menyebabkan ketombe. Gel lidah buaya yang memberikan efek dingin sehingga sangat tepat jika digunakan sebagai bahan dalam cara mengatasi ketombe dan gatal. Jangan lupa untuk melakukan cara ini secara rutin agar ketombe bisa segera hilang. Cara menghilangkan ketombe:

  • Siapkan lidah buaya 1 tangkai dan ambil bagian gel atau dagingnya saja
  • Oleskan gel tersebut pada kulit kepala secara merata sambil melakukan pemijatan lembut
  • Tunggu sekitar 15 menit lalu lanjutkan keramas menggunakan shampo

6. Yoghurt

Ternyata yoghurt tidak hanya memiliki rasa yang enak dan segar tapi juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan ketombe karena sifat asam di dalamnya mampu membunuh jamur penyebab ketombe. Tidak hanya itu, manfaat lain akan Kamu dapatkan juga jika menggunakan yoghurt, yaitu rambut menjadi lebih bersinar dan lembut. Cara menghilangkan ketombe:

  • Siapkan yoghurt plain atau tanpa rasa 2 sdm dan biarkan dalam kondisi terbuka selama 1 hari pada suhu ruangan agar proses fermentasinya dapat berjalan baik
  • Oleskan yoghurt pada kulit kepala, pangkal rambut sampai ke ujung secara merata
  • Tunggu selama 1 jam lalu bilas menggunakan shampo
  • Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam seminggu agar hasil yang didapatkan lebih maksimal

7. Bawang

Siapa sangka jika salah satu bahan masakan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Kemampuannya dalam membunuh bakteri dan jamur penyebab ketombe memang sudah tidak ditagukan lagi. Jadi, meskipun baunya yang sangat tajam, tidak ada salahnya menggunakan cara ini agar ketombe bisa segera hilang.
Cara menghilangkan ketombe:

  • Siapkan bawang mentah 2 siung lalu haluskan
  • Campurkan dengan jahe dan madu untuk mengurangi bau bawang yang tajam
  • Gosokkan campuran tersebut pada kulit kepala dengan perlahan
  • Bilas dengan air bersih lalu keramas menggunakan shampo.

8. Minyak zaitun

Siapa yang tidak kenal dengan minyak yang kaya akan manfaat ini. Satu lagi manfaat yang diberikan minyak zaitun adalah menghilangkan ketombe sekaligus mencegah keringnya kulit kepala. Bahkan, minyak ini juga akan menjaga kesehatan kulit kepala beserta rambutnya karena kandungan vitamin E yang cukup tinggi.
Cara menghilangkan ketombe:

  • Oleskan minyak zaitun 1 sdm pada telapak tangan lalu ratakan
  • Lakukan pemijatan pada kulit kepala secara lembut dengan tangan yang sudah dioles minyak
  • Bungkus rambut dan kepala dengan handuk hangat selama 30 menit
  • Bilas dan keramas menggunakan shampo.

9. Ekstrak minyak lavender

Bunga lavender memiliki tampilan yang sangat cantik dan memiliki sejuta manfaat, termasuk ekstrak minyaknya yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit kepala dan menghilangkan ketombe. Tidak hanya itu, ekstrak minyak lavender juga mampu mengurangi rasa gatal akibat ketombe.
Cara menghilangkan ketombe:

  • Tuangkan minyak 1sdm pada telapak tangan lalu usap-usapkan
  • Lakukan pijatan pada kepala dengan pertahan menggunakan telapak tangan yang sudah dioles minyak
  • Tunggu sekitar 15 menit lalu bersihkan rambut dengan shampo.

10. Tomat

pH pada kulit kepala yang tidak seimbang dapat menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Hal ini membuat jamur dapat tumbuh lebih banyak dan sempurna sehingga ketombe pun akan semakin banyak. Kandungan asam dalam tomat mampu menyeimbangkan pH pada kulit kepala sehingga pertumbuhan jamur pun akan terhambat.
Cara menghilangkan ketombe:

  • Siapkan tomat 2 buah lalu hancurkan
  • Masukkan minyak kelapa 1sdm dan campurkan
  • Oleskan campuran pada kulit kepala hingga merata sambil memijat lembut kulit kepala
  • Diamkan sekitar 1 jam lalu bersihkan rambut dengan keramas menggunakan shampo.

Ketombe adalah salah satu masalah kulit kepala yang sering dirasakan oleh banyak orang. Berbagai penyebab dapat memunculkan ketombe dan ada juga faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko mengalami ketombe. Meskipun demikian, kamu tidak perlu takut karena sekarang banyak cara dan jalan yang bisa dipilih untuk mengatasi masalah ini. Penggunaan bahan kimia dan alami harus diperhatikan dengan baik.

Bahan kimia mungkin akan memberikan hasil yang lebih ampuh dan cepat, hanya saja perhatikan lagi mengenai efek samping yang akan ditimbulkan. Berbeda dengan bahan alami yang dirasa lebih aman meskipun hasilnya membutuhkan waktu. Tidak perlu melakukan semua cara ini dalam waktu yang sama, cukup pilih satu atau dua cara yang dirasa tepat dengan penyebabnya sehingga bisa segera diatasi. Jika sudah menemukan cara menghilangkan ketombe yang tepat maka lakukan secara rutin agar hasilnya bisa segera terlihat. Namun, jika masalah ini tidak kunjung berkurang dan justru semakin parah maka datanglah pada dokter kulit atau kecantikan untuk penanganan lebih lanjut.

The post 15 Cara Efektif Untuk Menghilangkan Ketombe Di Kepala appeared first on Harian Gadis.



from Harian Gadis http://ift.tt/2sPmwkG
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()