Search here and hit enter....

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita – Bagi seorang wanita, berat badan adalah segalanya untuk mereka. Dengan memiliki berat badan yang super ideal, wanita tentu akan lebih percaya diri. Namun memiliki berat badan ideal menjadi hal yang sangat sulit bagi sebagian besar wanita. Ya, kenyataannya ada wanita yang sangat mudah memperoleh berat badan ideal. Namun banyak pula wanita yang kesulitan untuk mendapatkan berat badan yang pas untuknya.

Pada kesempatan kali ini kami tidak hanya akan mengulas tentang cara menurunkan berat badan atau cara menambah berat badan saja. Mengetahui cara menurunkan berat badan maupun cara menaikkan berat badan memang penting untuk memperoleh berat badan yang idel bagi wanita. Namun lebih penting lagi jika Anda mengetahui cara menghitung berat badan ideal bagi wanita. Nah, sudah tidak sabar? Yuk simak bersama Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita ini.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Untuk mendapatkan perhitungan berat badan ideal wanita, Anda dapat menggunakan rumus perhitungan berat badan. Ada beberapa rumus menghitung berat badan wanita, diantaranya menggunakan rumus broca, rumus BMI, menghitung menggunakan rumus sederhana, maupun menghitung berat badan ideal sesuai tinggi maupun menghitung berat badan ideal wanita berdasarkan umur. Seperti apa masing-masing rumus tersebut? Yuk kita simak saja yang berikut ini.

Rumus Broca

Rumus ini disebut juga sebagai rumus devine. Berikut rumus Broca dari tulisan Steven B. Halls (2005) :

BB ideal wanita = (tinggi – 100) + – (15% X (tinggi -100))

Keterbatasan dari penggunaan rumus ini ialah saat menghitung berat badan ideal, bila wanita mempunyai tinggi badan di bawah rata-rata, maka hasil berat badan idealnya akan kecil pula. Atau semakin pendek tubuhnya akan terlihat semakin kurus ia menggunakan perhitungan ini. Padahal, di dalam perhitungan berat badan ideal, terdapat istilah Lean Body Weight artinya, berat badan penghitungnya hanya berdasarkan pada berat tulang, otot, organ tubuh sedangkan untuk lemak tidak memiliki perhitungan.

Dengan demikian, saat kita menghitung berat badan ideal wanita menggunakan cara ini, hasilnya akan mendekati Lean Body Weight. Jadi, bila Anda sedang menjalani program diet dengan tubuh yang pendek seperti di bawah rata-rata, dengan menggunakan perhitungan ini, berat Anda bisa terlihat sangat kurus, bahkan kurang sehat.

Rumus BMI

Cara menghitung berat badan ideal wanita ini memang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Rumus perhitungannya dengan menggunakan parameter berat dan tinggi sekarang ini. Cara menghitung berat ideal menggunakan BMI telah distandarkan WHO. Nilainya ialah angka yang wajar untuk menilai apakah seseorang mempunyai berat badan ideal, terlalu gemuk atau bahkan terlalu gemuk. Berikut rumusnya :

BMI = BB / (TB X TB)

Standar BMI versi WHO

  • BMI kurang dari 18,5 = kurus
  • BMI antara 18,5 – 24,9 = berat badan normal/ ideal
  • BMI antara 25 – 29,9 = kegemukan
  • BMI 30 ke atas = obesitas
  • BMI antara 30 -34,99 = obesitas tingkat 1
  • BMI antara 35 – 39,99 = obesitas tingkat 2
  • BMI 40 ke atas = obesitas tingkat 3

Rumus Sederhana

Jika diatas sudah dijelaskan tentang rumus broca dan rumus BMI, maka sekarang kami akan memberikan cara menghitung berat badan ideal wanita yang lain menggunakan cara sederhana. Berikut ini adalah rumus yang bisa Anda pakai :

BB ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% X (Tinggi badan – ))

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Sesuai Tinggi

Perhitungan berat badan ideal yang sesuai dengan tinggi badan hanya berlaku untuk orang dewasa. Dalam hal ini kita dapat melihat hubungan antara tinggi serta berat badan ideal di rumus Devione. Berat badan ialah berat dalam kg dan tinggi badan ialah tinggi badan dalam meter. Berikut rumusnya :

BB ideal = 22 X TB X TB

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Berdasarkan Umur

Selain menghitung berat badan ideal wanita sesuai tinggi badan, Anda dapat pula mencoba menerapkan rumus cara menghitung berat badan ideal wanita berdasarkan umur. Berikut rumus yang bisa Anda gunakan :

Untuk usia kurang dari 30 tahun = (Tinggi badan – 100) – 10% (tinggi badan – 100)
Usia lebih dari 30 tahun, berat badan ideal = tinggi badan – 100

Menambah Berat Badan Ideal

Bila Anda sudah menghitung berat badan ideal yang sesuai dengan tinggi badan Anda, dan ternyata Anda terlalu kurus, Anda tidak perlu cemas karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan berat badan.

Berikut cara menaikkan berat badan :

  • Pilih makanan sehat dan kaya kandungan nutrisi. Cara yang paling baik memperoleh berat badan berisi bukan mengkonsumsi makanan sebanyak-banyaknya, melainkan mengkonsumsi makanan dengan mineral, vitamin hingga nutrisi yang tepat.

 

  • Makan dengan durasi lebih sering. Orang yang terlalu kurus sering merasa kenyang lebih cepat. Dibandingkan dengan makan 3x sehari dalam jumlah besar, lebih baik Anda makan beberapa kali dalam porsi yang kecil.

 

  • Konsumsi camilan. Saat sela-sela jam makan, konsumsi camilan yang kaya kandungan nutrisi seperti kurma, jagung, avokad hingga salad. Batasi makanan yang diolah dengan cara digoreng.

 

Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan berlebihan, pasti tidak nyaman. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh langsing dan berat badan yang ideal :

  • Konsumsi air putih sebelum makan besar. Konsumsi air sebelum makan besar akan menurunkan bobot tubuh Anda. Mengkonsumsi air sebelum jam makan akan membuat Anda merasa kenyang. Hingga pada akhirnya membuat Anda enggan melahap makanan dengan jumlah yang banyak, atau tidak menyentuh makanan.

 

  • Jangan melupakan sarapan. Mungkin Anda mengira, berat badan akan berkurang dengan tidak sarapan, sebaliknya Anda akan merasa lapar dan mengkonsumsi camilan dengan jumlah lebih banyak. Pastikan Anda mengkonsumsi menu sarapan yang sehat seperti pisang.

 

  • Makan dengan porsi lebih kecil. Mulai dari sekarang, biasakan menggunakan piring dengan ukuran lebih kecil dari yang sering Anda gunakan ketika mengambil makanan. Kebiasaan ini mungkin bisa membiasakan Anda untuk makan dalam jumlah yang sedikit sehingga asupan kalori tubuh menjadi berkurang. Walaupun dengan makanan dengan porsi sedikit, Anda bisa tetap merasa kenyang asal makan dengan cara yang lambat. Bila sedang makan di luar, pilih porsi makanan untuk anak kecil, ataupun pilih satu menu tetapi untuk dikonsumsi dua orang.

 

  • Konsumsi makanan yang baik. Jejeran makanan yang bisa menjadi sahabat Anda saat ingin mendapatkan bobot tubuh ideal adalah makanan yang kaya protein dan mengandung serat tinggi. Makanan yang mempunyai kandungan protein dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

 

Mendapatkan berat tubuh yang ideal entah dengan menambah berat badan atau menurunkan berat badan memang tidak mudah. Usahakan menaikkan atau menurunkan berat badan secara bertahap seperti 1 kilogram per minggu. Bila terlalu cepat, Anda berisiko mengalami gangguan kesehatan.

Nah itulah tadi ulasan lengkap tentang Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita beserta dengan tips menambah berat badan serta tips menurunkan berat badan berlebih. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda sekalian. Jika masih ada yan kurang jelas, Anda bisa segera berkonsultasi dengan ahli gizi terdekat. Ingat, memiliki berat badan ideal sangat penting bagi kesehatan jangka panjang. Bonusnya adalah Anda bisa memiliki bentuk tubuh yang menarik! Sampai jumpa pada artikel kami yang lain ya!

The post Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita appeared first on Teman Cantik.



from Teman Cantik http://ift.tt/2t2gRZb
via Pembesar Payudara
BERIKAN KOMENTAR ()